Loading...

Raja Keraton Agung Sejagat Bakal Dipanggil Polisi

Loading...

Cektkp.id- Pimpinan Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah bakal dipanggil polisi untuk dimintai keterangan. Klaim pihak keraton yang memiliki kekuasan hingga seluruh negara di dunia menimbulkan polemik di tengah masyarakat.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Iskandar Fitriana Sutisna mengatakan, Direktorat Intelijen dan Direktorat Reskrimum Polda Jateng tengah mendalami keraton yang berlokasi di Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Purworejo itu.

“Jadi kasus ini sudah ditangani oleh Ditreskrimum Polda Jateng,” kata Iskandar saat dihubungi melalui sambungan telefon, Selasa (14/1/2020).

Dia mengatakan, pimpinan keraton, Totok Santosa Hadiningrat akan dipanggil untuk dimintai keterangan. Totok memakai gelar Rangkai Mataram Agung. Dalam keseharian di keraton, panggilannya adalah Sinuhun.

Baca Juga  Pasangan Kekasih Terekam Sedang Mantap-mantap di Ayunan

Besok Totok maupun istrinya (Dyah Gitarja atau Kanjeng Ratu) akan dipanggil ke Polda,” ungkap dia.

Totok menyebut keraton yang didirikannya untuk menunaikan janji 500 tahun sejak runtuhnya Kerajaan Majapahit, pada 1518. Keraton Agung Sejagat itu untuk menyambut kehadiran Sri Maharatu (Maharaja) Jawa kembali ke Tanah Jawa.

Klaim berikutnya adalah memiliki wilayah kekuasaan seluruh negara di dunia. Bahkan United Nations atau Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merupakan bagian dari kerajaannya yang disebut sebagai parlemen dunia.

Sumber: okezone.com