Loading...

Jadi Tontonan Warga, Ada Lumba-lumba Tersesat di Sungai Kualuh Labura

Loading...

Cektkp.id- Warga Dusun II Ramean, Desa Kuala Beringin, Kecamatan Kuala Hulu, Labuhan Batu Utara, dihebohkan dengan penemuan dua ekor lumba-lumba di Sungai Kualuh. Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Sumut menduga satwa dilindungi itu tersesat.

Lumba-lumba tersebut muncul pada Minggu (27/1). Kedua lumba-lumba ini sering melompat, sehingga mendapat perhatian warga.

Banyaknya yang mengabadikan momen tersebut, sehingga video dan gambar lumba-lumba tersebut menjadi viral di media sosial.

Saat dikonfirmasi wartawa, Kepala Desa Kuala Beringin, Edi Mansur Pane mengatakan, kejadian inj belum pernah ada sebelumnya, baru ini ada nampak lumba-lumba di sungai ini. “Kami khawatir nanti mati pula di sini, padahal masyarakat tidak ada memburu atau melempar hewan itu. Sekarang ini ramai sekali orang-orang dari luar desa datang melihat fenomena alam yang jarang terjadi ini,” ucap Edi.

Baca Juga  Bikin Ngakak, Siapa yang Desain Spanduk Ini?

Sementara itu, Kepala BBKSDA Sumut Hotmauli Sianturi mengaku sudah mendapatkan laporan mengenai kemunculan kedua lumba-lumba itu. “Iya kita sudah dapat laporan, saat ini sudah kita utus asisten untuk datang ke lokasi,” ucapnya.

BBKSDA Sumut menduga lumba-lumba tersesat. Jadi saat air pasang dia ikut dan terjebak di muara itu, ucapnya.

Selanjutnya, BBKSDA Sumut akan melakukan pengamanan di lokasi. Mereka akan melibatkan nelayan setempat.

“Kita akan melakukan pengamanan di lokasi agar lumba-lumba tidak diganggu. Selanjutnya akan dilakukan penghalauan kembali ke habitatnya,” pungkas Hotmauli. (aul/cektkp)