Loading...

Unggahan Uang Sobek Saat Ngambil Duit di ATM Viral, Gimana Solusinya?

Loading...

Cektkp.id- Selama anda melakukan tarik tunai di ATM, apakah pernah mendapatkan uang yang keluar dari ATM dalam kondisi rusak? Kalau pernah, kalian senasib dengan orang yang memiliki akun facebook Dito Sang Virgo. Yap, dirinya mengungkapkan keluh kesahnya di akun facebook miliknya lantaran uangnya rusak ketika keluar dari mesin ATM.

Kalau rusak pada bagian ujungnya sih tak apa. Tapi, lelaki tersebut mengaku jika uang yang diterima sobek separuh sehingga sudah tak layak untuk digunakan. Sampai-sampai dirinya menyebutkan kalau tidak ingin menukarkan uangnya ke bank. Cukup dengan mengembalikan sisa sobekannya untuk disambungkan kembali dengan uang yang sudah ditarik tadi.

Unggahan ini pun mendadak viral dan mendapat banyak respon. Seperti akun Phii BimiAnkha yang malah mendadak curhat lantaran nasibnya serupa. “Et sama tuh, saya pernah sobek juga, sama lagi banknya, saya gak teliti, cm ujung doang si, malahan duitnya ituh doang, kaga diterima ma abang2 tkg bakso, malah bakso nya udah abis”. Lalu akun Santoso yang mengungkapkan jika ini semua bukan salah dari petugas pengisi uang di ATM. “Saya pernah ngambil uang di di ATM BCA, pas mau lebaran ngambil 200 eeh keluar 300, uangnya dempet (uang baru) saldo sih tetep wkwkwkwk rezeki anak soleh, so jangan nyalahin kang pengisi ATM nya , kesalahan teknis bisa terjadi dari banyak faktor bukan hanya dari SDM.”

Baca Juga  Ngeri, Seorang Wanita Terjatuh ke Aquarium Berisi Ikan Hiu

Hmm.. memang peristiwa satu ini sangat menyebalkan. Apalagi kalau uang tersebut tinggal tetes terakhir di rekening kita. Namun, sebenarnya kita tak perlu khawatir dengan hal yang satu ini. Alasannya, uang rusak seperti ini masih bisa ditukarkan ke Bank Indonesia atau pihak lain yang telah ditunjuk oleh negara.

Namun, ada hal yang perlu dicatat. Ada syarat dan ketentuan penukaran uang rusak. Seperti yang tercantum dalam Peraturan Bank Indonesia nomor 14 Tahun 2012. Jika uang rupiah kertas rusak masih satu kesatuan atau tidak dengan nomor seri yang lengkap. Intinya adalah di uang kertas tersebut masih ada nomor seri yang lengkap meskipun sudah terpisah. Jadi, jika masih ada nomor seri dan dapat dibaca dengan jelas, maka uang akan mendapat penggantian. Tapi, kalau uang tersebut tidak ditunjukkan nomor serinya atau ukurannya kurang dari dua pertiga dari aslinya, maka tidak akan diberikan penggantian.

Baca Juga  Viral Video Bayi Ditemukan Selamat Pasca 2 Minggu Gempa dan Tsunami Palu, Benarkah?

Namun sayangnya, untuk kejadian yang dialami pemilik akun facebook tersebut, uangnya kemungkinan tidak bisa diganti. Sebab, nomor serinya pas sekali terdapat pada bagian yang hilang itu. Namun tak ada salahnya jika menanyakan langsung kepada Bank Indonesia. Siapa tahu, bank akan memberikan penggantian karena kejadian ini murni bukan kesalahan dari orang yang bersangkutan.

sumber: boombastis.com