Loading...

Wacana Fatwa Haram PUBG, Ini Jawaban MUI

Loading...

Cektkp.id- Game Player Unknown’s Battlegrounds atau PUBG sedang dipertimbangkan oleh Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Barat untuk dikeluarkan fatwa haram.

Kabar lembaga ulama untuk memberikan keputusan soal PUBG sudah terdengar sampai ke komunitas game di Indonesia.

Atas wacana fatwa haram MUI daerah tersebut, MUI Pusat menegaskan mereka akan mengkaji secara mendalam konten dan dampak yang ditimbulkan dari PUBG.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh menuturkan, MUI Pusat sudah berkomunikasi dengan Dirjen Aplikasi dan Informatika Kominfo untuk membahas perkara game PUBG ini.

Niam mengatakan, MUI Pusat akan mengundang pakar di bidang game online untuk memberi pandangan ahli. Selain itu, MUI Pusat juga akan mendengarkan keterangan dari ahli terkait.

Baca Juga  Ini Cara Menggunakan Aplikasi Wajah Tua di iPhone dan Android

Selepas kajian mendalam ini, MUI Pusat akan menentukan solusi sebagai jawaban atas masalah game PUBG tersebut.

Nanti solusinya bisa fatwa atau yang lain. Bisa jadi, setelah kajian solusinya bukan berupa fatwa tapi penegakan hukum atau penguatan regulasi,” ujarnya kepada VIVA, Kamis 21 Maret 2019.

Soal regulasi, kata Niam, Kominfo menjadi badan yang lebih berwenang. Kementerian yang dipimpin Rudiantara ini, kata Niam, punya regulasi game online yang mana ada larangan konten berisi perjudian, pornografi dan kekerasan.

“Yang jadi salah satu pertimbangan lain dalam game kekerasan seperti PUBG ini adalah dampak yang ditimbulkan,” jelasnya.

Niam menutukan, dia sudah mengontak Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia terkait dampak buruk game PUBG ke anak-anak, yang terbanyak menjadi pengguna aplikasi ini.

Baca Juga  Grab Indonesia Denda Konsumen yang Batalkan Pesanan, Ini Mekanismenya

Sumber: viva.co.id