Loading...

Si Perancang Internet Tutup Usia

Loading...

Cektkp.id- Internet kehilangan salah satu arsitek terbaiknya, Larry Robert. Dia tutup usia pada 26 Desember lalu di usia 81 tahun. Putranya, Pasha mengatakan ayahnya terkena serangan jantung di rumahnya di Redwood City, California.

Dilansir melalui situs Engadget, Selasa, 1 Januari 2019, ia dikenal sebagai manajer program untuk ARPAnet, berperan menjadi perancang internet di masa awal.

Pada tahun 1960-an Robert membuat konsep jaringan komputer usai membaca makalah J.C.R Licklider mengenai ‘intergalactic computer network’. Lalu ketika Kepala Kantor Teknik Pemrosesan Informasi ARPA, Robert Taylorwent mencari seseorang, ia memilih Robert sebagai arsitek utamanya.

Pada awal karier, Robert tidak melakukan semuanya dengan benar, hingga Wesley Clark menyarankannya untuk menggunakan komputer kecil untuk menangani jaringan. Kemudian ia berhasil mengimplementasikan ARPAnet, yang kemudian menjadi revolusioner untuk menangani lalu lintas internet.

Baca Juga  Medsos Dibatasi, Anak Jadi Tahu VPN Bisa Buka Situs Porno

Robert lalu meninggalkan ARPA pada 1973 dan berinovasi di tempat lain. Kemudian ia mengkomersialisasikan paket switching melalui perusahaan Telenet. Anda mungkin tidak mengenal sosoknya, namun karena pengaruhnya kita semua dapat menikmati internet hingga hari ini.

Sumber: viva.co.id