Loading...

Ini Makanan Indonesia yang Aslinya Berasal dari Belanda

Loading...

Cektkp.id- Indonesia tidak hanya terkenal dengan budaya dan tempat tempat wisata yang menarik, namun indonesia juga memiliki segudang keanekaragaman makanan, baik makanan tradisional hingga makanan modern, rempah-rempah yang dihasilkan berjumlah fantastis, tanah yang subur juga menjadi ladang panen segala macam tumbuhan serta tanaman.

Karena itulah indonesia dahulu kala menjadi negara yang banyak diincar oleh negara lain, salah satunya belanda yang berhasil menguasai indonesia dan menyita sumber daya alamnya. 350 tahun belanda menguasai indonesia menyebabkan budaya belanda yang tanpa kita sadari masih kita melekat kita konsumsi.

Selain peraturan hukum yang masih mengadopsi hukum belanda, aneka makanan yang kita konsumsipun ternyata hasil adopsi makanan belanda. Bahkan aneka makanan dan masakan yang menjadi ciri khas budaya lokal orang indonesiapun berasal dari belanda.

1. Lapis Legit  

Kue yang sudah sangat fenomenal ini hampir dijual diseluruh gerai minimarket, pasar hingga pusat oleh oleh di berbagai kota. Rasanya yang manis dan gurih membuat kue ini menjadi diburu oleh para pelancong untuk dijadikan oleh oleh, atau hanya sekedar untuk cemilan dirumah. Kue yang terbuat dari adonan telur, tepung maeizena, kayu manis, cengkeh, dan kapulaga sangat disukai oleh orang orang eropa, pada masa itu, kue lapis legit disebut juga dengan nama kue spekkoek alias spekuk.

Baca Juga  Lora Fadil Sering Tidur Satu Ranjang dengan Tiga Istrinya

2. Semur  

Siapa yang tidak suka dengan masakan aneka semur, berbagai macam olahan semur marak dijajakan di warung nasi, hingga masakan padang. Pasti tidak banyak yang mengira kalau hasil olahan semur sebenernya berasal dari belanda. Dilansir dari suara.com semur dalam bahasa belanda adalah smoor yang berarti makanan rebus, di belanda sendiri smoor berisi daging olahan yang direbus bersama bawang serta tomat dalam waktu cukup lama.

3. Klappertaart  

Kue yang menjadi ciri khas manado ini ternyata juga merupakan kue peninggalan belanda yang masih digemari oleh masyarakat indonesia. Rasanya yang enak membuat semua orang memburu kue yang satu ini. Adonan yang terbuat dari tepung, susu, mentega, dan kelapa ini adalah salah satu kuliner peninggalan Belanda yang masih sangat digemari oleh masyarakat Indonesia apalagi dengan inovasi rasa yang semakin berkembang membuat kue yang satu ini makin eksis di dunia kuliner.

Baca Juga  Hanya di Negara Ini Istri Dihalalkan Membunuh Suaminya yang Ketahuan Selingkuh

Sumber: travelista.id