Loading...

Jangan Isi BBM Kendaraan Anda Sampai Full Tank, Ini Alasannya

Loading...

Cektkp.id- Mengisi bensin adalah suatu kegiatan wajib bagi pemilik kendaraan bermotor. Baik mobil ataupun motor butuh asupan bahan bakar agar bisa bekerja maksimal.

Namun bagi Anda yang sering mengisi bensin hingga full tank ada baiknya dipikir-pikir lagi deh, kenapa? Ini dia penjelasannya.

Dilansir dari daihatsu.co.id, ternyata mengisi bahan bakar hingga penuh itu sama berbahayanya dengan mengendarai mobil atau motor dengan tangki bensin yang hampir kosong.

Pemilik kendaraan harus tahu dan sadar bahwa bahan bakar minyak  itu membutuhkan udara supaya tidak mengendap.

Dengan alasan itulah, pemilik kendaraan harus menyisakan ruang udara di tangki bensin.

Bensin yang mengucur dari selang pengisian bisa terhisap kembali lagi ke tangki SPBU. Karena mesin pengisian modern punya teknologi yang bisa mengisap uap bensin.

Baca Juga  Ini Strategi PPPA untuk Menangkal Minimnya Pengetahuan Tentang Isu Anak dan Perempuan

Saat selang mendeteksi bensin yang diisi sudah penuh maka penghisap akan otomatis menyedot kembali uap bensin yang keluar dari lubang pengisian.

Tangki bensin pada kendaraan membutuhkan ruang agar bensin bisa mengembang. Itu sebabnya setiap tangki bensin kendaraan bermotor dilengkapi dengan lubang udara.

Fungsinya untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan oleh bahan bakar yang ada di dalam tangki. Kalau kita mengisi bensin secara penuh dan tidak menyisakan ruang maka gas yang timbul akan keluar melalui selang dan membuang bahan bakar secara percuma.

Nah, sudah tahu kan kenapa tidak disarankan untuk mengisi bahan bakar secara penuh? Mulai sekarang bisa dicoba untuk mengisi bensin dengan menyisakan ruang udara ya.

Baca Juga  Kegiatan Uji Siap Tempur Arhanud 15/DBY Kodam IV Diponegoro, Prajurit Pamerkan Alutsista Canggih Milik TNI

Sumber: suara.com