Loading...

Wajib Tahu, Helm Juga Punya Masa Kadaluarsa

Loading...

Cektkp.id- Tak banyak diketahui oleh masyarakat luas, ternyata helm juga punya masa pakai alias kadaluarsa. Hal ini diungkapkan salah satu Brand Technical Support merek helm kenamaan di Tanah Air, Irwan. Dirinya mengatakan, helm juga punya masa pakai. Maka itu konsumen harus memperhatikan dengan benar masa produksi helm saat hendak membeli produk tersebut. Hal ini dikarenakan, masa pemakaian helm hanya lima tahun sejak masa produksinya.

“Normalnya itu pemakaian helm lima tahun sejak masa produksi. Biasanya,ada tanggal produksi yang terletak di dalam helm,” katanya.

Sebenarnya, lanjut dia, usia itu berlaku pada bagian styrofoam. Bukan batok helmnya. Apabila telah lewat lima tahun styrofoam tak akan berkondisi baik lagi. Hal ini tentu bakal mempengaruhi performanya saat mengalami benturan. Di mana daya redam tak bakal terlalu bagus.

Baca Juga  Inalum Gelar Safari Ramadhan di 12 Kabupaten/Kota

Saat ditanya apakah konsumen dapat mengganti styrofoam saja, Irwan menegaskan bila hal itu tidak mungkin dilakukan. Karena, styrofoam sudah menempel dengan bodi helm.

“Harus ganti helm, karena ganti styrofoam itu susah banget. Kalau terkena benturan, tidak disarankan untuk digunakan kembali. karena, styrofoam tidak seperti busa. ketika terkena benturan, styrofoam pasti cekung. kalau terjadi benturan di tempat yang sama, itu sangat berbahaya.”

Sumber: viva.co.id