Ini Alasan Jokowi Sering Bagi-bagi Sepeda

Cektkp.id- Presiden Indonesia, Joko Widodo terkenal sering memberikan hadiah sepeda kepada masyarakat di setiap daerah yang ia kunjungi. hanya dengan menjawab pertanyaan mudah dari sang presiden, maka sepeda bisa dibawa pulang.

Permasalahannya, ada yang penasaran dan bertanya ‘mengapa kok harus sepeda, mengapa tidak yang lain saja?’ atau mungkin ‘setiap berkunjung selalu memberi sepeda, memang uangnya dari mana?’ Boombastis.com akan mengulik beberapa alasan Pak Jokowi selalu bagi-bagi sepeda. Cekidot!

Nah, alasan pertama adalah filosofi dari bersepeda itu sendiri Sahabat. Melansir dream.co.id, dari Facebook pribadinya, Jokowi mengatakan bahwa bersepeda ibarat mandiri dan bekerja keras. Presiden RI ini juga mengatakan bahwa dirinya sudah menyukai sepeda sejak dulu. Ia menambahkan bahwa kecepatan laju sepeda ini bergantung pada gerak tumbuh sendiri. Jika ingin cepat sampai ke tujuan, maka kayulah tanpa henti. Bersepeda itu juga bergerak maju dalam keseimbangan. Saat lewat turunan maka harus membungkuk, ketika belok ke kanan tubuh juga mengikutinya. Intinya, bersepeda itu adalah bentuk dari bekerja keras dan mandiri.

Baca Juga  Pertama Kali di Medan, Ada Kontes Ayam Ketawa

Pemberian sepeda ini ternyata ada tujuan tersendiri dan tidak bisa didapat dengan cuma-cuma. Untuk bisa mendapatkannya seseorang harus bisa menjawab pertanyaan yang diberikan. Pertanyaannya sangat mudah, seputar budaya dan pengetahuan seputar Indonesia. Contohnya saja, nama pulau, nama pahlawan, bahkan nama-nama suku di Indonesia. Dengan begitu, masyarakat akan belajar mengenai budaya mereka secara tidak langsung bukan? Sasaran utama dari Jokowi sebenarnya adalah anak-anak usia sekolah karena untuk menanamkan rasa cinta tanah air sejak dini. Namun, tak menutup kemungkinan siapapun bisa dapat sepeda. Lho wong Raisa yang artis aja bisa dapat kok.

Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Inilah kata-kata yang menjadi pedoman bagi-bagi sepeda setiap mengunjungi daerah blusukannya ini. Jokowi ternyata punya program untuk menerapkan ‘Car Free Day’ di seluruh kota di Indonesia, makanya dicicil sedikit demi sedikit. Menurut mantan Walikota Solo ini, sepeda adalah cara paling mudah untuk mengurangi polusi, ramah lingkungan, dan bisa menghemat uang. Kegiatan transportasi dengan sepeda juga tak cuma baik untuk lingkungan, tetapi juga menyehatkan yang mengayuh.

Baca Juga  Paspampres Larang Mahasiswa USU Lakukan Salam 2 Jari Saat Berpose dengan Jokowi, Ini Kata Danpaspampres

Lalu dari mana uang sepeda ini didapatkan, apa merogoh koceknya sendiri atau bagaimana? Dilansir dari laman Kompas.com, Kepala Sekretariat Presiden Darmansyah Djumala mengatakan, sepeda yang dibagikan Jokowi berasal dari anggaran bantuan sosial untuk Presiden. Djumala melanjutkan kalau dalam satu sesi kunjungan, Jokowi menyediakan maksimal 7 buah sepeda untuk dibagikan. Jadi memang ada dananya sendiri ya Sahabat semua.

Yang sudah mendapat hadiah sepeda ini juga sudah banyak ya, mulai dari jajaran artis top seperti Raisa, TKI yang bekerja di luar negeri, anak-anak sekolah, bahkan ibu-ibu rumah tangga. Kalau kamu mau seperti mereka, jangan lupa hafalin dulu nama-nama ikan! Eits, maksudnya semua yang berhubungan dengan Indonesia.

sumber: boombastis.com