Loading...

Jelang Pilkada 2020, Ombudsman Banten Ingatkan Para Incumbent Jangan Pakai Fasilitas Negara

Loading...

Cektkp.id, Banten- Pilkada serentak akan dilakukan pada tahun 2020 ini, di seluruh Indonesia. Khusus Provinsi Banten ada beberapa Kabupaten/ Kota di, yang juga ikut melaksanakan pilkada tahun ini.

Kepala Perwakilan Ombudsman Banten Dedy Irsan, mengingatkan kepada para incumbent untuk tidak menggunakan fasilitas negara dalam setiap kegiatan yang berbau kampanye.

“Fasilitas yang dimaksud ialah sarana mobilitas, seperti kendaraan dinas, gedung kantor, rumah dinas, rumah jabatan milik pemerintah, sarana perkantoran, Sandi/ telekomunikasi radio daerah dan milik pemerintah. Serta fasilitas lainnya yang dibiayai oleh APBN atau APBD,” tegasnya.

Larangan ini termuat pada Pasal 304 ayat (1) UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, dimana dalam melaksanakan kampanye, pejabat negara, pejabat daerah dilarang menggunakan fasilitas negara.

Baca Juga  Ombudsman Banten Awasi Seleksi CPNS Pemkot Tangsel

“Ombudsman Perwakilan Banten akan melakukan koordinasi dengan BAWASLU Banten terkait hal ini, sehingga semua nya bisa berjalan sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. kolaborasi pengawasan yang dilakukan antara Ombudsman Banten dan Bawaslu Banten diharapkan akan menghasilkan pengawasan yang maksimal, untuk mewujudkan pilkada yang jujur, adil dan profesional,” ujar Dedy.

Penting juga diperhatikan, lepala daerah mengajukan cuti pada saat berkampanye. Kepala Daerah saat berkampanye harus mengajukan cuti, itu sesuai dengan Peraturan KPU, untuk di hari Sabtu dan Minggu serta hari Libur tidak perlu mengajukan cuti. (Cektkp/aul/rel)