Loading...

Cegah Corona, MenPAN RB: ASN Boleh Kerja di Rumah

Loading...

Cektkp.id- Presiden Joko Widodo mengimbau agar seluruh instansi baik negeri hingga swasta mulai mempraktikkan kerja hingga ibadah di rumah untuk mencegah penyebaran corona covid 19. Terkait itu, sejumlah kementerian dan lembaga langsung menerbitkan kebijakan turunannya.

Salah satunya, yakni Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Tjahjo Kumolo.

Dia menyerukan seluruh pimpinan Kementerian dan lembaga serta aparatur Sipil Negara (ASN) selalu mengikuti arahan kepala negara. Lalu, selalu merujuk setiap pernyataan juru bicara resmi pemerintah.

”Untuk mencegah penyebaran COVID-19, ASN dibolehkan bekerja dari rumah,” kata Tjahjo dalam keteranganya diterima VIVAnews, Minggu, 15 Maret 2020.

Tjahjo menambahkan, setiap Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) diharap menetapkan mekanisme kerja yang akuntabel. Aturan ini memungkinkan pegawai bisa bekerja dari rumah.

Baca Juga  Diduga Menyalahgunakan Wewenang, Risma dan Kapolrestabes Surabaya Dilaporkan ke Ombudsman

”Berdasarkan mekanisme kerja tersebut, PPK melakukan asesmen dan menetapkan siapa pegawai yang bisa bekerja dari rumah dan siapa yang tetap harus masuk kantor,” kata Tjahjo.

Dia bilang, PPK agar menjamin bahwa pelayanan publik di instansinya tetap berjalan dengan baik. Dengan pengaturan kerja seperti itu, tunjangan kinerja pegawai tetap diberikan sesuai hak pegawai.

“Demikian pernyataan disampaikan dan melalui SesMen PAN RB Senin besok menyampaikan pernyataan kepada Sekjen/SesMen/Sestama Kementerian dan Lembaga,” ujarnya.

Terkait pengecekan kesehatan, Tjahjo rencananya melakukannya di rumah sakit. Rencananya, ia beserta sejumlah pegawainya. Sebab, ia habis melakukan perjalanan dinas yang cukup panjang dalam dua pekan terakhir ini.

Sebelumnya, Jokowi mengeluarkan imbauan agar seluruh instansi baik negeri hingga swasta menghindari kontak dekat. Kata dia, dengan kondisi wabah Corona ini sudah saatnya kerja hingga ibadah harus mulai dilakukan di rumah.

Baca Juga  Semakin Langka, Gerakan Bergotong Royong Bagikan Hand Sanitizer dan Masker Gratis di Medan

“Dengan kondisi ini saatnya kita bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah,” kata Jokowi, dalam keterangan persnya di Istana Bogor, Minggu, 15 Maret 2020.

Pun, kebijakan meliburkan sekolah sudah dilakukan beberapa daerah. Seperti Pemprov DKI, Pemkot Depok hingga Pemprov Jawa Tengah. Menurut Jokowi, dalam membasmi corona harus dilakukan secara bersama-sama.

“Ini lah saatnya bekerja bersama-sama, saling tolong menolong dan bersatu padu, gotong royong,” katanya.

Sumber: viva.co.id