Loading...

Ketua DPR Yakin Jokowi Kabulkan Amnesti Baiq Nuril

Loading...

cektkp.id- Langkah Baiq Nuril Aziz Fauzi mengajukan amnesti ke Presiden Joko Widodo, didukung penuh oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Bambang Soesatyo. Bahkan Bamsoet panggilan akrabnya yakin Jokowi akan mengabulkan permohohonan terpidana kasus Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU-ITE) tersebut.

Sebelumnya, upaya terakhir Baiq Nuril agar lepas dari hukuman penjara kandas setelah Mahkamah Agung menolak peninjauan kembali (PK) kasusnya.

“Jalan upaya hukum yang bisa ditempuh Baiq terakhir adalah mengajukan amnesti kepada Presiden Jokowi. Kami dari DPR melihat kasus ini ada baiknya Presiden bisa mempertimbangkan untuk memberikan amnesti pada Baiq Nuril,” kata Bamsoet di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin 8 Juli 2019.

Bamsoet melihat, kasus yang menimpa Baiq Nuril sejak awal memang terlihat janggal. Perempuan yang berprofesi guru itu tengah membela dirinya karena kepala sekolah tempat dirinya mengajar dianggap melakukan pelecehan seksual.

Baca Juga  Prabowo Pilih Ihwan Ritonga Duduki Wakil Ketua DPRD Medan

“Kami melihat dia ini adalah korban sehingga perlu lebih jeli lagi upaya hukum untuk melihat kasusnya ini. Tidak ada salahnya kalau Presiden memberikan pertimbangan untuk memberikan pengampunan kepada warga negara kita yang bernama Baiq Nuril,” katanya.

Sebelum Bambang, rekan pimpinannya di dewan, Fahri Hamzah, juga menyesalkan permohonan PK Baiq Nuril yang ditolak Mahkamah Agung. Fahri menyatakan, pangkal persoalan kasus ini adalah pasal karet yang ada dalam UU ITE.

Bamsoet melanjutkan, permohonan amnesti Baiq Nuril didukung oleh anggota Komisi III DPR RI. “Saya juga sudah mendengar suara dari Komisi III dan mendorong meminta Presiden untuk mempertimbangkan memberikan amnesti,” katanya.

sumber: viva.co.id