Loading...

Ini Kronologi Surat Suara Tercoblos Capres 01 dan Caleg Nasdem di Malaysia

Loading...

Cektkp.id- Ketua Panwaslu Luar Negeri, Yaza Azzahra, mengungkapkan kronologi penemuan surat suara yang sudah tercoblos gambar Jokowi-Ma’ruf dan juga calon anggota DPR dari Partai Nasdem, Davin Kirana. Yaza mengaku bukan dia yang menemukan lokasi itu pertama kali.

Saat itu saya dengan tiga tim lainnya mengawal pergerakan surat suara melalui KSK atau Kotak Suara Keliling, Selangor dan Perak,” kata Yaza saat diwawancara¬†tvOne, Kamis, 11 April 2019.

Yaza menuturkan, sekitar pukul 12.48-12.49 waktu setempat, dia dihubungi seorang anggota Sekber 02 melalui sambungan WhatsApp, bahwa ada dugaan penimbunan surat suara di lokasi Taman Sungai Tangkas, di daerah Selangor.

Begitu mendengar, saya putar balik, arah Kajang, langsung ke lokasi yang jaraknya 20-30 menit, adalah sebuah ruko tak berpenghuni berisi surat suara pemilu serentak, dan saat itu di lokasi ada tim Padi, BPN 02,” katanya.

Baca Juga  Datangi NasDem, M Syafi'i Daftar Jadi Bakal Calon Wali Kota Medan

Yaza mengatakan ada beberapa karung yang sudah terbuka. Lalu, pihaknya membuka. Dia memastikan surat suara itu resmi, valid, yang akan dikirimkan kepada para calon pemilih.

Metode pos, beralamat semua, di Bangi, Selangor, Kajang, itu bernamakan WNI kita yang ada di wilayah yuridiksi KBRI Kuala Lumpur,” tuturnya.

Hari ini viral video penemuan surat suara yang telah tercoblos ditemukan di Selangor, Malaysia. Padahal, pemilihan di kota-kota di wilayah negara itu baru akan dilakukan pada Minggu, 14 April 2019.

Dari video yang beredar, selain telah dicoblos untuk calon presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin, untuk pemilihan presiden, surat suara itu juga sudah dicoblos untuk calon anggota legislatif dari berbagai partai.

Baca Juga  Wakil Ketua Komisi III DPR Serukan Copot Wiranto dan Kapolda Sultra

Pemilihan caleg, sudah tercoblos untuk caleg dari Partai Nasdem dan Partai Demokrat. Salah satunya untuk caleg daerah pemilihan Jakarta II atas nama Davin Kirana. Kemudian untuk caleg Partai Demokrat dari Dapil Jakarta II nomor urut tiga, Mariana Harahap.

Dari video yang beredar ini, penemuan suarat suara yang telah dicoblos berada di sebuah bangunan seperti toko di kawasan Selangor, Malaysia.

Sumber: viva.co.id