Loading...

Pemilih Terpelajar Lebih Pilih Prabowo Ketimbang Jokowi

Loading...

Cektkp.id- Prabowo-Sandi unggul terhadap Jokowi-Ma’ruf di kantong pemilih terpelajar. Hal ini diungkapkan Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Adjie Alfaraby.

Dukungan Prabowo-Sandi pada kantong pemilih terpelajar mencapai 44,2 persen. Sementara dukungan terhadap Jokowi-Ma’ruf pada pemilih ini sebesar 37,7 persen,” kata Adjie di kantor LSI Denny JA, Jakarta, Kamis, 7 Februari 2019.

Ia menambahkan, meski Prabowo-Sandi unggul 10 persen terhadap Jokowi-Ma’ruf, masih terdapat 18,1 persen pemilih terpelajar yang belum menentukan pilihan. Populasi kantong ini hanya 11,5 persen.

Pemilih terpelajar cukup penting karena kemampuan memengaruhi opini publik,” kata Adjie.

Ia menjelaskan pada kantong pemilih ini, dukungan terhadap Jokowi-Ma’ruf cenderung menurun. Pada Agustus 2018, dukungan pemilih terpelajar pada Jokowi-Ma’ruf sebesar 40,4 persen. Tapi pada Januari 2019 turun menjadi 37,7 persen.

Baca Juga  Tak dapat Izin Cuti dari Kemendagri, Wali Kota Sawahlunto Gagal Naik Haji

Dukungan terhadap Prabowo-Sandi cenderung stabil dalam lima bulan terakhir. Pada Agustus 2018 dukungan terhadap Prabowo-Sabdi 44,5 persen, dan saat ini sebanyak 44,2 persen,” kata Adjie.

Survei ini dilakukan pada 18-25 Januari 2019 dengan 1.200 responden. Survei menggunakan metode multistage random sampling di 34 provinsi. Margin of error sebesar 2,8 persen. LSI juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview.

Sumber: viva.co.id