Loading...

Pemberitaan Positif Ahok Tertinggi Menurut Survei Ini

Loading...

CEKTKP.ID, JAKARTA – Riset Indonesia (Risindo) merilis hasil penelitian yang dilakukan terkait Pilkada DKI 2017 mendatang.

Penelitian yang bertema “Respon Publik Terhadap Kemunculan Para Calon Gubernur” masih menempatkan Calon Petahana Basuki Tjahaja Purnama pada posisi pertama dalam pemberitaan terbanyak saat ini.

Hasil penelitian Risindo, Tone pemberitaan positif Ahok saat ini paling tinggi dengan 85 persen, sedangkan tone pemberitaan negatif Ahok. 15 persen.

Sementara untuk tone pemberitaan positif Anies Baswedan berada diperingkat kedua dengan 80, tone pemberitaan negatif 10 persen dan netral 10 persen

“Agus Yudhoyono menempati peringkat tiga dengan tone pemberitaan positif 72 persen, tone negatif 14 persen dan netral 14 persen,” kata Toto Sugiarto peneliti dari Risindo di Resto Jambal Roti, Bellagio Boutique Mall, OG 15, jalan Mega Kuningan Barat, Jakarta Jumat 14 Oktober 2016.

Baca Juga  Arya Sinulingga: Adian Napitupulu Cocok Jadi Menteri

Dari hasil penelitian tersebut Toto mengatakan ruang publik memiliki banyak catatan kinerja baik Ahok. Menurut Toto, para penantang Ahok, Agus Yudhoyono dan Anies Baswedan masih memiliki masalah pada sisi kinerja. Jika dibandingkan dengan Ahok, kinerja para penantang belum teruji.

“Namun, Ahok juga memiliki masalah kepribadian. Catatan negatif Ahok pada sisi kepribadian. Gaya yang buruk dan tidak loyal terhadap parpol. Sedangkan para penantang tidak memiliki sisi negatif pada kepribadian,” ujar Toto

Dari hasil penelitian pada tiga pasang calon Gubernur DKI ini menurut Toto, ada beberapa kesan yang paling menonjol terhadap ketiganya.

Kesan terkuat dari agus yaitu bahwa Agus berada dibawah sosok sang ayah, Susilo Bambang Yudhoyono yang merupakan mantan Presiden RI. Selain itu Agus juga mempunyai penampilan yang menarik, santun dan berprestasi di militer.

Baca Juga  Soal Maju Jadi Calon Walikota Medan, Dahnil: Saya Tanya Pak Prabowo dan Bang Sandi

“Kesan terkuat dari Ahok yaitu karena kinerjanya telah terbukti, namun sosoknya emosional. Sedangkan kesan dari Anies adalah sosok yang santun dan Intelektual,” ujar Toto

Penelitian ini dilakukan oleh Risindo dalam kurun waktu 23 September-10 Oktober 2016. Unit sampling penelitian ini yaitu semua berita mengenai respon warga Jakarta terhadap kemunculan para Calon Gubernur dan Penelitian ini menggunakan unit analisis yang lebih melihat tema pembicaraan dari suatu teks.

(AS/mp/cektkp/vdp)