Loading...

Baru Sehari Menkes Klaim Corona Tak Ada di Indonesia, Kini 2 Warga Dinyatakan Positif

Loading...

Cektkp.id- Belum sehari setelah Menteri Kesehatan Indonesia membantah pernyataan mengenai kasus corona di Indonesia, dua warga Indonesia positif terdeteksi corona. Penyataan ini dituturkan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo, Senin (2/3/2020).

Sebelumnya Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyebutkan bahwa 115 orang dalam pemantauan dan 32 pasien dalam pengawasan terkait corona. Namun, pernyataan ini kemudian dibantah oleh Menkes, Terawan Agus Putranto.

“Jadi kurang tepat pernyataan itu, karena semua hasil PCR semuanya negatif.”  kata Terawan.

Hasil negatif itu, tambah Terawan,  termasuk hasil pemeriksaan terhadap 188 warga yang baru tiba dari World Dream Cruise.

Terawan juga membantah pernyataan Perdana Menteri Australia, Scott Morisson, yang meragukan Indonesia bersih dari corona.

Baca Juga  300 Siswa Polisi Positif Corona dari Hasil Rapid Test, Kegiatan Belajar Mengajar Dihentikan

Scott mengatakan kepada Radio Australia 3AM bahwa Indonesia memiliki sistem kesehatan yang berbeda dengan Australia. Scott juga memperkirakan adanyaa kemungkinan kasus corona di Indonesia, hanya saja belum terkonfirmasi.

Terawan kemudian menangggapinya dengan tidak mengambil pusing keraguan Morisson tersebut, “Saya orang ragu, yo biarin aja. Nanggapi orang ragu lak pusing. Nomor satu adalah kenyataan, keterbukaan, kejujuran.” tuturnya ketika bertemu awak media di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (1/3/2020).

Belum sampai 24 jam dari bantahan Terawan tersebut, Presiden Indonesia mengonfirmasi adanya dua warga Indonesia yang positif terkena COVID-19 ini. Dua warga tersebut adalah seorang ibu dan anak.

Kedua suspek tersebut sebelumnya bertemu dengan warga negara Jepang yang terdeteksi virus corona setelah meninggalkan Indonesia.

Baca Juga  Arab Saudi Stop Kedatangan Jamaah Umrah untuk Cegah Virus Corona

“Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona,” jelas Jokowi di Istana Kepresidenan, Senin (2/3/2020).

Sumber: suara.com