Loading...

Kabut Asap, Bayi Empat Bulan Meninggal Dunia Kena Radang Paru-Paru

Loading...

Cektkp.id- Duka mendalam dirasakan oleh pasangan Ita Septiana dan Ngadirun warga RT 08 Desa Talang Buluh Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin, Sumatera Selatan lantaran anaknya Elsa Fitaloka yang berusia baru 4 bulan meninggal dunia.

Bayi Elsa sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit Ar-Rasyid Minggu 15 September sore diduga terkena dampak kabut asap pekat yang menyelimuti daerah Sumatera Selatan akhir-akhir ini.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin, dr MGS Hakim, setelah pihaknya datang ke Rumah Sakit Ar-Rasyid Palembang untuk memastikan penyebab meninggalnya Elsa, pihaknya memastikan Elsa terkena radang paru-paru atau Pneumonia.

Hasil kunjungan Tim Dinas kesehatan Banyuasin hari ini ke RS Ar-Rasyid memang benar ada pasien bayi berumur 4 bulan ke UGD dengan diagnosa Pneumonia dan meninggal,” ucap dr Hakim.

Baca Juga  HMI Padang Bagikan Masker dan Galang Dana untuk Korban Asap di Riau

Menurut dr Hakim, Pneumonia merupakan peradangan pada kantung udara di salah satu atau kedua paru-paru yang dapat berisi cairan atau lendir dan bisa juga disebut paru-paru basah.

Kondisi tersebut dapat mengancam nyawa siapapun, namun Pneumonia pada anak bayi atau balita bisa sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian.

Kita imbau warga untuk memakai masker karena udara sedang tidak sehat dan kabut asap juga banyak,” ucap dr Hakim.

Sementara itu, Agus Darwanto yang merupakan kerabat korban mengatakan saat dibawa ke rumah sakit korban mengalami sesak nafas.

“Tadi sempat sesak nafas tapi belum tau penyebab pastinya. Belum sempat didiagnosa tapi kemungkinan tadi katanya ada gangguan di kepala,” ucap Agus Darwanto kepada Okezone.

Baca Juga  Diserang Warganet Soal Asap, Gubernur Sumsel Setop Main Instagram

“Bisa bakteri atau apa kata dokter tadi mbak, mau dirujuk ke Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang sudah keburu meninggal,” tutup Agus.

Sumber: okezone.com