Loading...

Polisi Cari Pemilik Pohon Sengon yang Diduga Penyebab Listrik Padam di Separuh Pulau Jawa

Loading...

Cektkp.id- Polda Jawa Tengah menyampaikan penyebab mati listrik massal di Jabodetabek dan separuh Pulau Jawa diduga ditengarai oleh pohon sengon di daerah Ungaran. Saat ini, polisi masih mencari pemilik pohon tersebut.

“Masih diselidiki pemiliknya,” kata Kabid Humas Jawa Tengah, Kombes Pol Agus Triatmaja, kepada kumparan, Selasa (6/8).

Agus mengungkapkan, polisi dan PLN akan membentuk tim investigasi untuk mengungkap insiden tersebut. Polisi juga telah meminta keterangan sejumlah petugas PLN terkait terduga pohon sengon yang disebut membuat mati listrik massal di sebagian Pulau Jawa.

“Saudara Yanih Bahir (petugas PLN) sudah memastikan itu penyebabnya. Dia cek ke lapangan,” ujar Agus.

Sebelumnya, Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, mati listrik massal bukan karena serangan teroris ataupun sabotase.

Baca Juga  Delapan Peristiwa Kebakaran di Jakarta Saat Listrik Padam, Ratusan Warga Mengungsi

“Untuk sabotase dan serangan teror untuk sementara tidak ditemukan. Dugaan sementara karena faktor alam dan teknis,” kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (5/8).

Menurut Dedi, pohon sengon yang berada di jalur SUTET melampaui ketinggian batas sehingga menyentuh kabel. Akibatnya, terjadi loncatan arus dan menyebabkan kabel terbakar.

Sementara itu, sempat terjadi ledakan kabel SUTET di Gunungpati, Kota Semarang, sebelum mati listrik massal terjadi. Ledakan itu berasal dari dua tiang Telkom yang kabelnya melintang di bawah lintasan jaringan SUTET.

sumber: kumparan.com