Loading...

Inilah Hewan-hewan yang Sering Membuat Listrik Padam

Loading...

cektkp.id- Faktor pemadaman listrik bukan hanya diakibatkan oleh bencana alam dan cuaca buruk. Hewan-hewan liar juga bisa menjadi faktor yang memungkinkan listrik padam.

Inilah yang terungkap saat puluhan masyarakat Gunung Sitoli, Nias, Sumatera Utara melakukan aksi di depan kantor PLN Area Nias, Kamis (11/7/2019). Mereka membawa peralatan elektronik yang rusak karena sering terjadinya pemadaman listrik.

Asisten Manager bagian KSK atau Humas PT PLN Area Nias, Yasmir mengatakan kepada massa, padamnya listrik sering terjadi karena gangguan hewan-hewan liar. “Sebenarnya pembangkit listrik sudah cukup untuk mencover kebutuhan daya di Pulau Nias. Tapi banyak sekali gangguan hewan-hewan liar yang menyebabkan listrik padam, dan ini bukan rekayasa,” tegasnya.

Baca Juga  Demo di Fakfak Memanas, Ada Kios yang Dibakar

Ditambahkannya, hewan-hewan liar yang sering membuat listrik padam adalah kadal, ular, burung, monyet dan kelelawar. “Ranting pohon patah juga menjadi penyebab listrik padam, tapi petugas kami selalu siap 24 jam, dan jika padam akan langsung bergerak untuk mengecek jaringan yang bermasalah hingga ke ujung penyulang di Nias Utara dan Nias Barat, untuk mencari sumber gangguan,” ucap Yasmir.

Terkait barang-barang elektronik warga yang rusak, Yasmir menjelaskan kepada massa akan segera memberikan jawaban, karena pihak PLN akan mengganti barang elektronik yang rusak tersebut, jika pemadaman listrik tersebut akibat kelalaian pihak PLN. (aul/cektkp)