Loading...

Terobos Jalur Car Free Day, Gubernur Jatim Minta Maaf

Loading...

Cektkp.id- Dikritik habis-habisan karena menerobos area car free day (CFD) di Jalan Raya Darmo Kota Surabaya, Minggu (7/7/2019), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akhirnya minta maaf.

Saat itu, Khofifah hendak menghadiri acara Hari Antinarkotika Internasional yang digelar oleh Badan Narkotika Nasional Jatim di Taman Bungkul yang berada di Jalan Raya Darmo. Pada Minggu, sepanjang Raya Darmo memang ditutup untuk kendaraan bermotor karena CFD, dari pukul 06.00 hingga pukul 10.00 WIB.

Dalam video yang beredar, dikawal mobil patroli pengawalan, kendaraan rombongan Khofifah berjalan pelan di Raya Darmo dari arah perempatan Monumen Polri. Dari dalam mobil Alphard hitam, sambil tersenyum Khofifah membuka kaca dan melambaikan tangan sapa kepada warga yang berjalan-jalan di CFD.

Di sela-sela itu, terdengar suara pria meneriaki Khofifah, mengingatkan bahwa jalan yang dilalui adalah area CFD. “Bu, car free day, Bu, car free day, Bu,” teriak suara dalam video yang beredar.

Baca Juga  Gedung Warenhuis Punya Siapa?

Menanggapi itu, Khofifah melalui Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol Pemerintah Provinsi Jawa Timur, menyampaikan permintaan maaf. “Ibu Gubernur menghaturkan permohonan maaf kepada masyarakat yang terganggu kejadian tersebut,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Aries Agung Paewai, dalam siaran persnya.

Dia menjelaskan, iring-iringan rombongan Gubernur Jatim itu hendak memenuhi undangan BNN Jatim untuk menghadiri peringatan Hari Antinarkotika Internasional yang diselenggarakan di Taman Bungkul. “Kami sudah mencoba mengambil beberapa jalur alternatif, tapi ternyata semua sisi sudah macet dan padat,” ujar Aries.

Jalur alternatif padat karena banyaknya parkir kendaraan, baik kendaraan tamu undangan HANI atau masyarakat yang menikmati CFD di sekitaran Taman Bungkul. “Sehingga, satu-satunya jalur yang bisa Ibu Gubernur akses hanya melalui Jalan Darmo.”

Baca Juga  Antisipasi Tindak Kejahatan, Lampu Jalan di Medan Jangan Ada Lagi yang Padam

Setelah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, jalur CFD terpaksa diambil karena pada Minggu agenda Khofifah padat. “Ibu Gubernur ada jadwal membagikan air bersih bagi warga yang terdampak kekeringan di Pacitan dan Ponorogo. Beliau juga Ingin meninjau langsung warga yang terdampak wabah Hepatitis A  di kabupaten tersebut,” kata Aries.

Sumber: viva.co.id