Loading...

Pembangunan Jalan Tol Cinere-Serpong, Ratusan Makam Dipindah

Loading...

Cektkp.id- Proyek pembangunan Jalan tol Cinere-Serpong, mengakibatkan ratusan makam di Tempat Pemakaman Muslim Cemara I, Kelurahan Pamulang Barat, Pamulang, Tangerang Selatan, dibongkar dan dipindah ke lokasi lain.

“Hasil kesepakatan dan musyawarah dengan ahli waris akhirnya pemindahan makam keluarganya terlaksana dan pemindahan makam hanya berjarak sekitar 100 meter dari lokasi awal yang terkena proyek jalan tol, ” kata Muhammad Arifin M, Rabu (3/4/2019).

Pembongkaran baru mulai Rabu hari ini dan ada sekitar 70 dari sekitar 500 makam yang sudah dipindah ke lokasi baru. Sebetulnya jumlah total makam yang dipindah ada 500 namun baru ada 450 yang sepakat sedangkan 50 makam belum terdata ahli warisnya.

Baca Juga  Busananya Dikritik Warganet Saat Melayat Bu Ani, Kaesang: Maaf

Menurut dia, ke- 450 makam seluruh ahli waris bersedia dan mendapatkan kompensasi dari pelaksana proyek Jalan Tol Sercin. Kompensasinya hanya pemindahan makam saja dan ahli waris maupun keluarga tidak ada yang keberatan.

“Pelaksanaan pemindahan makam tersebut akan berlangsung selama satu bulan yaitu mulai 3 hingga 30 April 2019,” tuturnya sambil menambahkan bila tidak ada halangan tentubya bisa kurang dari satu bulan pemindahannya.

Kegiatan pemindahan makam diawali dengan pengumpulan tulang kerangka jenazah kemudian dimasukan dalam peti yang telah disiapkan, diberikan kain kafan, dibersihkan serta disholatkan terlebih dahulu sebelum dimakamkan kembali.

Ari, 36, salah satu keluarga dari jenazah yang dipindahkan makamnya mengatakan, ia dan keluarga tidak merasa keberatan dengan pemindahan tersebut. “Tidak keberatan Mas, lagi pula ini sudah berjalan. Untuk pemakaman ulangnya pun baik,” katanya.

Baca Juga  Malindo Air Tergelincir di Bandara Husein Sastranegara, Semua Penumpang Selamat

Sumber: poskota.co.id