Loading...

Personil TNI Tidur di Lokasi Rawan Kebakaran Lahan

Loading...

Cektkp.id- Dalam beberapa hari terakhir sudah 250 hektare kebun sawit serta karet ludes terbakar di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis. Hal ini membuat Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto langsung turun ke lapangan.

Setelah berdiskusi dengan jajaran Pemerintah Provinsi Riau, Hadi menyatakan prajurit TNI dari pusat akan didatangkan memadamkan api di Bengkalis dan sejumlah kabupaten lainnya. Prajurit dari Korem Bukit Barisan Riau juga akan diterjunkan.

“(Prajurit bantuan) akan landing di Dumai, karena di sana ada landasan yang bisa kita pakai untuk mendaratkan pesawat Hercules,” katanya di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Sabtu petang, 23 Februari 2019.

Menurut pria berbintang empat di pundaknya ini, personel tak hanya bertugas memadamkan kebakaran lahan tapi juga berperan sebagai pendeteksi dini. Deteksi ini berdasarkan prakiraan Badan, Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) yang setiap hari melapor ke petugas.

Baca Juga  Orang Utan di Taman Safari Lepas, Pengunjung Lari Pontang Panting

“Personel ditempatkan di setiap titik yang berpotensi terjadinya kebakaran. Mereka akan tidur di sana, sambil berjaga kemungkinan akan terjadi kebakaran,” tegas Hadi.

Selain pasukan, Hadi juga menyebut akan memindahkan beberapa helikopter ke Kota Dumai. Lokasi ini sangat dekat sejumlah wilayah pesisir lainnya, termasuk Bengkalis yang saat ini masih membara.

“Bantuan lain seperti pompa air juga dikirimkan, begitu juga dengan kebutuhan lainya di lapangan seperti makanan dan bahan bakar,” terang Hadi.

Hadi menyebutkan, kebakaran di Bengkalis cukup sulit dipadamkan. Diapun mengaku turun langsung memadamkan api bersama prajurit dan polisi yang sudah berhari-hari di lapangan.

“Bagi saya sulit karena belum terbiasa, mungkin bagi prajurit tidak lah sulit karena sudah terbiasa,” sebut Hadi.

Baca Juga  Akhirnya Terkuak Sosok Misterius Wanita di Jalan MH Thamrin

Sumber: liputan6.com