Loading...

Akhirnya, Foto Bayi Selamat Pesawat Lion Air Jatuh Terungkap Kebenarannya

Loading...

Sejumlah foto yang dinarasikan sebagai peristiwa seputar kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, beredar di media sosial maupun grup-grup percakapan. Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugrohomeminta publik jangan ikut-ikutan menyebar foto hoax semacam itu karena hanya akan menambah masalah.

Lewat akun Twitter, @Sutopo_PN memastikan foto bayi yang diceritakan sebagai korban selamat dalam peristiwa JT 610 adalah hoax. Foto itu aslinya bocah yang selamat dari kecelakaan KM Lestari Maju di Perairan Selayar.

“Banyak postingan foto di media sosial bahwa ada bayi penumpang pesawat JT-610 yang selamat. Foto bayi ini adalah bayi yang selamat dari tenggelamnya kapal KM Lestari Maju, di Perairan Selayar, pada Selasa 3/7/2018. Jadi info tersebut adalah Hoax. Jangan menyebarkan hoax,” kata Sutopo Purwo Nugroho.

Baca Juga  Penyebab Gempa Situbondo Karena Dinamika Sesar Kambing

Sutopo Purwo Nugroho juga menginformasikan sebuah foto bangkai pesawat yang jatuh di tepi laut itu bukanlah Lion Air JT 610.

‏”Di sosial media beredar foto ini yang menyebutkan sebagai pesawat Lion Air JT-610. Info itu tidak benar. Itu hoax,” kata dia.

Foto tersebut aslinya bangkai pesawat Lion Air JT-904 yang mengalami musibah di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada 13 April 2013.

Pesawat Lion Air yang jatuh itu membawa 189 orang yang terdiri dari penumpang dan awak. Sejauh ini, tim SAR gabungan baru menemukan 10 jenazah. Operasi pencarian secara besar-besaran sekarang sedang berlangsung.

Sumber: akurat.co