Loading...

Lebih Penting Kewaspadaan daripada Bersikap Ramah, Polisi Bandara India Gak Boleh Senyum

Loading...

Cektkp.id- Jika anda ke India, dan melihat polisi bandaranya tidak murah senyum, itu karena mereka harus menaati peraturan yang berlaku. Alasannya, banyak senyum dikhawatirkan menciptakan persepsi longgarnya keamanan yang bisa memicu serangan teror.

Central Industrial Security Force selaku lembaga yang bertanggung jawab atas keamanan di bandara India ingin para personelnya lebih mengedepankan kewaspadaan ketimbang bersikap ramah. Mereka yakin, sikap bersahabat yang berlebihan bisa menimbulkan risiko keamanan tinggi di bandara.

Menurut laporan Indian Express, sebagaimana dilaporkan kembali BBC, petugas bandara menghilangkan kebiasaan senyum lebar menjadi senyum secukupnya.

Direktur Central Industrial Security Force Rajesh Ranjan mengatakan, serangan teror di New York atau dikenal dengan 9/11 terjadi karena sikap ramah berlebihan petugas pesawat kepada penumpang.

Baca Juga  Anggota Komisi V DPR Desak Pemerintah Audit Lion Air

Kebijakan yang diterapkan India ini justru berbeda dengan negara lain, yang tetap mengedepankan keramahan tanpa mengurangi kewaspadaan.

Ambil contoh negara tetangga India, Nepal. Kepolisian Nepal merekrut 600 trainer pada 2014 untuk membantu petugas di lapangan agar bisa lebih bersahabat dengan masyarakat.

sumber: inews.id