Loading...

Waduh, Kampung Kubur Kebakaran, Segini Jumlah Korbannya…

Loading...

Suasana saat kebakaran di Kampung Kubur, Medan. HUMASPEMKOMEDAN

CEKTKP.ID, MEDAN Kampung Kubur yang terkenal dengan peredaran narkobanya di Jalan Taruma/Jalan Air Langga Dalam, Lingkungan I, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), kebakaran, Selasa (3/10/2017).

Berdasarkan data yang diperoleh dari Pusdalapos-PB Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kota Medan, amukan si jago merah menyebabkan 6 rumah warga yang dihuni 10 KK atau 25 jiwa terbakar. Namun dari jumlah itu, 4 rumah kondisinya cukup parah.

Di samping itu ada 4 rumah yang dihuni 8 KK atau 13 jiwa rusak akibat terdampak dari kebakaran tersebut.

Namun kerusakannya tidak parah, persentase kerusakan berkisar 20-30 persen. Sedangkan seorang warga yang terluka atas nama Dahlan Halawa.

Meski kebakaran terjadi di lokasi yang sangat padat penduduk itu, namun api sempat membesar dan menyambar rumah lainnya. Sebab, petugas Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan cepat turun tangan memadam kobaran api yang ditengai akibat korsleting listrik tersebut.

Baca Juga  BMKG: Warga Harap Jauhi Pantai Selat Sunda Radius Satu kilometer

Walikota Medan, Dzulmi Eldin pun meninjau lokasi kebakaran tersebut. “Saya langsung memerintahkan Dinas P2K untuk turun dengan kekuatan penuh disertai seluruh armada yang dimiliki setelah menerima laporan Kampung Kubur terbakar. Saya khawatir kebakaran bisa meluas, sebab kawasan itu sangat padat penduduk,” kata Eldin.

Dia juga turut mengapresiasi kesigapan dan semangat bahu membahu dalam membantu petugas Dinas P2K untuk memadamkan api. “Alhamdulillah berkat kerja keras Dinas P2K dan dibantu warga sekitar, kebakaran dapat diatasi. Saya harapkan kerjasama seperti ini dapat terus dipertahankan,” harapnya.

Eldin berpesan, agar warrga lebih berhati-hati guna mengantisipasi terjadinya kebakaran. Mengingat cuaca siang hari saat cukup terik dan rentan terbakar, maka warga diharapkan agar selalu mewaspadai benda-benda yang rentan terbakar.

Di samping itu, warga juga harus memprhatikan peralatan elektronik, sebelum meninggalkan rumah diingatkannya untuk memastikan dalam kondisi mati.

“Yang tidak kalah pentingnya, saya juga menghimbau warga untuk memeriksa instalasi listrik yang ada di rumahnya masing-masing. Pastikan instalasi listrik aman guna menghindari terjadinya korsleting,” pesannya.

Baca Juga  Lagi Shalat, Mahasiswi Ini Dibalok

Selanjutnya mengenai rumah warga yang menjadi korban kebakaran, Eldin mengatakan Pemko Medan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait akan memberikan bantuan. “Insya Allah kita akan membantunya,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala BPBD Kota Medan, Arjuna Sembiring, mengatakan pihaknya sudah melakukan pendataan dan akan memberikan bantuan kepada warga yang menjadi korban kebakaran.

“Selain bahan-bangunan, BPBD juga akan memberikan bantuan perlengkapan sekolah untuk anak-anak warga sehingga musibah ini tidak mengganggu kelancaran untuk bersekolah. Insya Allah bantuan itu akan kita berikan besok,” jelas Arjuna. (anto)