Loading...

Polda Sumut ‘Diserbu’ Ratusan Warga, Rupanya Ini Masalahnya… 

Loading...

Para pemohon SKCK berkerumun di Mapolda Sumut. ANTO/CEKTKP

CEKTKP.ID, MEDAN –Ratusan masyarakat ‘menyerbu’ Mapolda Sumut untuk mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang akan dipergunakan melamar kerja, Rabu (2/8/2017).

Namun mereka harus kecewa, karena blanko SKCK habis. Alhasil, para pelamar kerja itupun memilih untuk menunggu sambil berkerumun di lapangan belakang gedung Ditreskrimum dan gedung utama Mapolda Sumut.

Membludaknya masyarakat yang mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Mapolda Sumut, terjadi sejak pagi hari.

Berdasarkan informasi, membludaknya masyarakat yang datang ke Polda Sumut untuk mengurus SKCK agar dapat mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham).

Para pemohon SKCK. ANTO/CEKTKP

Selain itu, kosongnya blanko SKCK di sejumlah Polres, membuat masyarakat memilih mengurus SKCK di Polda Sumut.

Baca Juga  Medan Diselimuti Asap, Puskesmas Didesak Buka 24 Jam

Sahrul, warga Batangkuis, salah seorang pelamar kerja yang ingin mengurus SKCK, mengaku dia sebelumnya datang ke Polrestabes Medan untuk dapat mengurus surat tersebut. Namun setelah diketahui blanko SKCK kosong, maka mereka disarankan untuk mengurusnya ke Polda Sumut.

“Ini mau ngurus SKCK untuk ikut jadi CPNS Sipir di Kemenkumham. Tadi sempat ke Polres tapi karena blanko di sana kosong, di sarankan kemari,” kata Sahrul.

Sesampainnya di Mapolda Sumut, Sahrul harus mengantri karena blanko SKCK juga kosong. “Katanya siang nanti baru ada. Tapi tidak tahu juga,” sebutnya.

Hal yang sama disampaikan Doli, pelamar kerja lainnya. “Kosong bang. Di suruh nunggu sampai siang,” katanya.

Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan mengatakan, hingga pukul 11.00 WIB, sudah 1.000 blanko yang tercetak. Akibatnya, masyarakat yang baru tiba siang hari harus menunggu hingga stok blanko kembali tiba di Polda Sumut.

Baca Juga  Taman Ini Dulu Jadi Sarang Maksiat, Sekarang Sudah Dibersihkan

“Hari ini saja, Dit Intelkam sudah melayani hingga 1.000 SKCK. Petugas juga terbatas, jadi harap bersabar,” sebut MP Nainggolan.

Untuk itu, disarankan kepada masyarakat yang ingin melakukan pengurusan SKCK agar datang kembali ke Polda Sumut, besok (3/8/2017). “Disarankan besok lagi datang. Hari ini sudah sangat membludak,” katanya. (anto)