Loading...

Kapoldasu Memberangkatkan Satgas Kemanusiaan

Loading...
Kapoldasu Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel melepas personel Brimob yang akan ditugaskan ke Aceh untuk membantu para korban gempa.

CEKTKP.ID, Medan – Kapolda Sumut, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel melepas Satuan Tugas (Satgas) Kemanusiaan Bencana Alam sebanyak 221 personel. Satgas tersebut juga diperbantukan untuk pengamanan (Pam) Pilkada Mantap Praja Rencong 2017 di Aceh.

Pelapasan Satgas terdiri dari 200 personel Brimob, 5 Sabhara dan 16 Dokter dan Kesehatan (Dokkes) Polda Sumut dilakukan Kapolda Sumut di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut, Kamis (8/12) pagi.

Hadir dalam acara pelepasan tersebut Waka Polda Sumut, Brigjen Adhi Prawoto, pejabat Utama, Kasatgas beserta anggota Brimob dan personel Polda Sumut.

Dalam amanatnya, Kapolda mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT. Personel Satgas ditekankan untuk melaksanakan tugas BKO dengan tulus Ikhlas, berprilaku sopan santun dan humanis serta bertanggungjawab.

Setelah pelaksanaan tugas kemanusiaan, khusus bagi personel Satuan Brimob akan melanjutkan tugas pengamanan Pilkada Serentak di Provinsi Aceh dalam Operasi Mantap Praja Rencong 2017.

Baca Juga  Pesawat Lion Air Rute Jakarta-Pangkal Pinang Hilang Kontak

“Sebagaimana kita ketahui telah terjadi gempa bumi berkekuatan 6,4 SR di Kabupaten Pidie Jaya Aceh sehingga menimbulkan korban jiwa dan kerugian yang cukup besar. Sebab itu Sat Brimob Team SAR Ditsabhara dan Team Biddokkes Polda Sumut mendapat kepercayaan tugas dalam aksi kemanusiaan guna membantu dan menjaga Sitkamtibmas terkait bencana alam tersebut,” ujar Kapolda Sumut.

Kepada juga memberikan panduan kepada personel Satgas di antaranya, meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan moral pengabdian terhadap bangsa dan negara.

Jalin hubungan yang baik dan saling berkoordinasi terhadap aparat setempat baik TNI, aparatur pemerintah setempat, BPBD, agar menjaga dalam melaksanakan tugas untuk selalu menjaga kejujuran dan kehormatan. Gunakan cara persuasif dalam setiap tindakan dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan guna membangun tublik trust terhadap Polri.

Bagi personel Brimob yang berlanjut dalam PAM Pilkada serentak, agar tetap menjaga netralitas serta mengantisipasi setiap potensi gangguan kamtibmas yang berkadar tinggi dapat menganggu jalannya pilkada.

Baca Juga  Lion Air JT-610 Jatuh Dilihat Langsung Nalayan: Oleng, Duaaarrr Seperti Suara Petir

“Selalu waspada dan pegang teguh prinsip Brimob ‘Sekali Melangkah Pantang Menyerah, Sekali Tampil Harus Berhasil, Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan’,” tegas jenderal bintang dua tersebut.

Untuk tugas Kemanusiaan ini Polda Sumut juga membawa bantuan dari Kapolri bagi warga yang terkena bencana alam gempa bumiĀ  berupa, mi instan 1.200 dus (kotak), air mineral gelas sebanyak 1.000 dus, roti biskuit 1.000 kaleng, susu kental cair 1.500 kaleng, dan gula pasir 5 ton. (anto/cektkp)