Loading...

Polda Papua Tangkap Empat Anggota OPM, Dua Diantaranya Masuk DPO

Loading...
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Kalapas Abepura Bagus Kurniawan (kiri).

CEKTKP.ID, Jayapura – Empat orang anggota Tentara Pembebasan Nasional (TPN) berhasil diamankan Kepolisian Daerah Papua di Kota Jayapura.

Dari keempat anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang ditangkap tersebut, dua diantaranya termasuk dalam Daftar Pencaharian Orang (DPO) yang dikeluarkan Kepolisian Resor Paniai.

“Kedua orang itu merupakan anak dari tokoh OPM Tadius Yogi,” kata Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw di Kota Jayapura, Sabtu (15/10).

Dua orang yang masuk dalam DPO Polres Paniai merupakan anak tokoh Organisasi Papua Merdeka (OPM). Mereka adalah Jemi Magai Yogi dan Demianus Magai Yogi.

Waterpauw mengemukakan, awalnya, polisi menangkap Jemi Magai Yogi pada 11 Oktober 2016 di kawasan Padang Bulan, Kota Jayapura.

Baca Juga  Kabar Ibu Ani Yudhoyono Meninggal Dunia Hoax

Setelah menangkap Jemi Wagai Yogi, polisi kemudian mengembangkan kasus tersebut. Polisi lalu menangkap Demianus beserta dua rekannya, termasuk Jona Wenda, juru bicara kelompok yang ingin memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Dalam struktur TPN wilayah Paniai, Jemi Yogi menjabat kepala staf angkatan darat, sedangkan Demianus Yogi kepala staf umum angkatan darat,” kata Waterpauw.

Ia mengatakan Jemi dan Demianus terlibat sejumlah tindak kekerasan, di antaranya pencurian dengan kekerasan, yakni merampas senjata api milik Bripka Nikolas Warobay pada 2015.

Aloysius Kayame dan Demianus Yogi pada 9 September 2016 juga memeras dan mengancam karyawan PT Papua Indah Perkasa di Distrik Yatamo, Kabupaten Paniai.

Baca Juga  Mencret, Pendaki Asal Amerika Meninggal Dunia di Gunung Semeru

Sedangkan, Yunus Wenda alias Jona Wenda terungkap melakukan sejumlah pemalsuan dokumen.

Kriminalitas yang dilakukan Jemi Yogi dan rekan-rekannya tidak saja dilakukan kepada aparat keamanan, tetapi juga warga sipil sejak 2011. (rol/ant/cektkp)