Loading...

FKPT Imbau Masyarakat Tidak Terprovokasi

Loading...
Gereja Katolik Santo Yosep, Jalan Dr Mansyur Medan dijaga pihak keamanan.

CEKTKP.ID, Medan – Masyarakat Sumut, khususnya Kota Medan diimbau agar tidak terprovokasi dengan kejadian percobaan bom bunuh diri yang terjadi di Gereja Santo Yoseph di Jalan Dr Mansur, Medan. Aparat kepolisian diminta agar secepatnya mengusut motif kasus tersebut.

“Masyarakat jangan panik dan terprovokasi dengan kejadian ini. Kita serahkan saja sepenuhnya penanganan kasus ini pada pihak berwajib,” jelas Ketua Forum Koordinasi Penanggulangan Terorisme (FKPT) Sumut, Zulkarnain ketika dikonfirmasi wartawan, Minggu (28/8).

Lebih lanjut, masyarakat harus memberikan kepercayaan penuh pada aparat kepolisian untuk mengungkap kasus ini. Dan jangan jadikan insiden ini sebagai pemecah belah kerukunan antarumat beragama.

“Kita belum mendapatkan kepastian siapa sebenarnya oknum yang tega melakukan dugaan percobaan bom bunuh diri ini. Jadi semua pihak harus sama-sama menjaga toleransi kerukunan. Jangan hanya karena insiden ini kondusifitas Sumut terancam,” urainya.

Baca Juga  Dibully Karena Menstruasi, Siswi Ini Pilih Bunuh Diri

Dalam waktu dekat, sambung Zulkarnain pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait termasuk Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) untuk bersama-sama meyakinkan masyarakat kalau Sumut kondusif.

Terkait kejadian ini, Kabid Humas Poldasu, Kombes Pol Rina Sari Ginting dalam siaran persnya mengatakan, saat ini tim gabungan Polresta Medan dengan Poldasu masih terus melakukan pendalaman danĀ  pemeriksaan kepada pelaku. Ini dilakukan untuk mengetahui motif dan jaringan pelaku.

“Kita masih terus melakukan pendalaman terkait kasus ini untuk mengetahui jaringan pelaku,” ucapnya.

Terkait informasi soal identitas palsu yang digunakan pelaku dibantah Rina. Dari hasil penyelidikan dan sudah dicek melalui camat dan sekcam ternyata identitas (KTP) yang digunakan pelaku benar.

Seperti diketahui, warga Jalan Dr Mansur, Medan mendadak geger karena kejadian percobaan bom bunuh diri yang dilakukan, IAH, warga Gang Sehati, Setia Budi, Kecamatan Medan Selayang.

Baca Juga  Pukat Trawl Beraksi di Selat Malaka, Ribuan Nelayan Geruduk Kantor Wali Kota Tanjung Balai

Kejadian bermula saat pastor sedang berkhotbah tiba-tiba pelaku berlari mendekatinya. Sebelum sampai di altar terlihat percikan api dari ransel tersebut dan mulai membakar dirinya sendiri. Namun pelaku terus mengejar pastor. Melihat gelagat tidak baik, pastor berlari menghindar.

Umat terkejut dan mulai mengejar pembawa bom dan mengambil ransel yang sudah terbakar. Pastor dan semua umat selamat. Sedangkan pelaku mengalami luka- luka dan sedang diinterogasi oleh polisi. (anto/cektkp)