Loading...

Dibuka PS Tira vs Sumut All Star, 12 Tim Ikuti Piala Inalum 2019

Loading...

CEKTKP.ID, TANJUNG GADING- PT Inalum (Persero) kembali menunjukkan komitmennya dalam bidang sepak bola. Hal itu ditunjukkan lewat gelaran Piala Inalum edisi ke-19 yang dibuka resmi di Lapangan Tanjunggading, Kabupaten Batubara, Selasa (5/2).

Turnamen dibuka dengan laga eksebisi yang menyajikan duel klub Liga 1, Tira Persikabo kontra tim Sumut All Star. Duel penuh bintang itu menyajikan hiburan menarik bagi masyarakat Batubara.

Kapten PSMS, Legimin Rahardjo memimpin tim Sumut All Star dari lini tengah. Dia ditemani Eky Fauzi dan Riki Ariansyah. Di depan ada trio Bayu Tri Sanjaya, Yudha Rizky Irawan dan Tambun Naibaho. Sementara quartet lini bawah diisi Zulkhairi, Hardiantono, Rizky Abdiansyah, dan Wiganda.

Sementara PS Tira mengandalkan para pemain bintangnya termasuk trio asing Zoubairou Garba, Loris Arnaud dan Khursed Beknazarov.

PS Tira Persikabo yang bermain lebih tenang, memanfaatkan situasi dari serangan balik untuk mencetak gol. Bola diterima M Kasim dari sektor kanan pada menit ke-22. Kemudian masuk ke kotak penalti sebelum melepas tendangan ke pojok kanan kiper Ahmad Fauzi, kiper Sumut All Star. Tira Persikabo unggul 1-0.

Sumut All Star harus menunggu setengah jam di babak kedua untuk mencetak gol penyeimbang. Dari sisi kanan, Wiganda melakukan crossing yang justru mengarah ke gawang tanpa mampu dibendung kiper. Skor pun menjadi 1-1.

Memasuki sepuluh menit terakhir. Kedua saling serang. Guntur Triaji melepas sepakan first time dari sisi kiri. Beruntung, kiper Guntur Pranata yang masuk di babak kedua mampu menggagalkannya. Dwi Raffi Angga hampir membuat Sumut All Star unggul di masa injury time andai sepakan kerasnya dari luar kotak penalti tak melebar. Skor seri 1-1 menutup laga.

Baca Juga  Bonus Rumah untuk Atlet Peraih Medali Emas Asian Games, Ini Kata Menpora

Sebelumnya, Piala Inalum 2019 dibuka oleh Wakil Bupati Batubara, Oky Ikbal Prima serta Plt Direktur Pelaksana PT Inalum, Oggy Achmad Kosasih.

Oggy mengatakan Piala Inalum yang sudah digelar 19 tahun ini merupakan bagian dari rangkaian HUT ke-43 PT Inalum. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada segenap unsur masyarakat, pemerintah, pembina olah raga atas dukungannya terhadap PT. Inalum.

“ Untuk kesekian kalinya ditempat ini kita mengikuti dan menyaksikan acara pembukaan turnamen sepak bola Piala Inalum 2019, kiranya silaturrahmi antara kita dapat terjalin dengan baik,” paparnya.

Menurutnya turnamen sepak bola ini bermaksud memberikan hiburan kepada masyarakat, sekaligus meningkatkan minat olah raga dan menjalin persahabatan dengan berbagai pihak yang terlibat.

“Dengan harapan semoga turnamen berjalan dengan lancar hingga pertandingan final usai dan kepada pemain agar bermain secara fair play serta menunjukkan permainan yang terbaik selama bertanding, sehingga menjadikan tontonan yang menarik buat penonton,” ujarnya.

Sementara Sekjen Asprov PSSI Sumut, Fityan Hamdi memuji komitmen PT Inalum yang terus menggelar Turnamen Piala Inalum selama 19 tahun lamanya. “Kami berharap dari turnamen ini banyak bakat-bakat yang nantinya bisa disalurkan di tim PON Sumatera Utara. Karena mulai pekan depan seleksi akan dibuka,” bebernya.

Pujian juga hadir dari Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan. Ini merupakan kedua kalinya dia hadir di Batubara. “Eksebisi ini merupakan bagian dari persiapan kami menghadapi Liga 1. Terima kasih juga atas undangan PT Inalum yang mempertemukan kami dengan Sumut All Star yang banyak memberikan kesulitan dalam pertandingan tadi kepada kami dan menjadi bahan evaluasi kami,” ucap Rahmad..

Baca Juga  Pilot Maut yang Membawa Pemain Cardiff City Ternyata Tukang Ledeng

Sebelumya Ketua Panpel, Edi Mugiono melaporkan turnamen tersebut diikuti 12 tim dengan menggunakan sistem setengah kompetisi. Turnamen berlangsung selama satu bulan mulai 5 Februari hingga 5 Maret.

Pada kesempatan terpisah, Sekretaris Perusahaan Inalum Ricky Gunawan menjelaskan bahwa Piala Inalum ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HUT ke-43.

“Inalum telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk memperingati HUT ke-43 INALUM seperti santunan kepada 430 anak yatim dan sunat massal kepada 43 anak kurang mampu di sekitar perusahaan, lomba karya tulis ilmiah, festival band, jalan sehat, panggung hiburan. Dan Piala Inalum ini merupakan salah satunya,” jelas Ricky.

Piala Inalum 2019 diikuti oleh 12 tim yang terbagi dalam empat grup. Grup A dihuni Inalum FC, PTPN 3 Tebing Tinggi dan Tanjung Balai United. Grup B diisi PS Disporasu, PS Labura Jaya dan PS Tobasa.

Grup C diisi PSAD, PS Simalungun dan PS Keluarga USU. Grup D diisi PS Bintang Batu Bara, PSDS dan PS Sergei. Direncanakan puncak piala Inalum adalah pada pertandingan final pada tanggal 5 Maret 2019.

(vdp/cek)