Loading...

Status Pulih, Persebaya Tampil di Divisi Utama

Loading...
PSSI memutuskan Persebaya Surabaya kembali berkompetisi resmi yaitu di Divisi Utama. (foto ant: Reno Esnir)

CEKTKP.ID, Bandung – Kongres PSSI memutuskan status keanggotaan Persebaya Surabaya, Persema Malang, dan Persibo Bojonegoro, dipulihkan. Persebaya selanjutnya akan berkompetisi di Divisi Utama, sementara dua klub lain di Liga Nusantara atau kompetisi semi-amatir di bawah Divisi Utama.

“Persetujuan ini untuk menerima kembali sebagai anggota PSSI,” kata Sekretaris Jenderal PSSI Ade Wellington, ketika mengambil keputusan soal status kesebelasan yang dijuluki Bajul Ijo Tersebut.

Sebelumnya, Ade sempat menanyakan kepada peserta Kongres jika mereka setuju Persebaya kembali diakui. Peserta Kongres kemudian menjawab serempak: “Setuju”

Sementara itu, ketua umum PSSI Edy Rahmayadi menyatakan bahwa keputusan untuk menempatkan Persebaya di Divisi Utama diambil langsung olehnya.

Baca Juga  Mike Tyson Bakal Bangun Universitas Ganja

“Persebaya saya letakkan di tahta Divisi Utama. Saya tidak tanya (kepada voters) setuju/tidak. Saya langsung ketok saja,” kata Edy.

Asprov PSSI Jatim Amir Burhanudin sempat menginterupsi dan meminta agar Persebaya dan Persema ditempatkan di kompetisi teratas, Liga Indonesia. Permintaan itu kemudian ditolak.

“Kami sudah perhitungkan. Tolong izinkan saya sebagai ketua untuk memutuskan ini. Mari berjalan, jalanlah dari situ. Kalau memang Persema dan Persibo hebat, dia akan naik ke Divisi Utama. Berjuanglah, bola kaki ini adalah perjuangan. Motivasi kami adalah persepakbolaan ini mencapai target.”

Persebaya Surabaya di bawah PT Persebaya Indonesia sebelumnya tidak diakui sebagai anggota PSSI meski telah memenangkan gugatan atas logo dan merek Persebaya di Pengadilan Negeri Surabaya.

Baca Juga  Lorenzo Nyesal Bikin Vinales, Dovizioso, dan Rossi Jatuh di Catalunya

Nama dan keanggotaan Persebaya sempat digunakan klub yang kini telah berubah menjadi Bhayangkara FC. (red/cnn/cektkp)