Loading...

Timnas Indonesia Selangkah Menuju Juara

Loading...
Hansamu Yama (Kiri) mencetak gol kemenangan untuk Indonesia atas Thailand (foto ant:Wahyu Putro A)

CEKTKP.ID, Bogor – Timnas Indonesia berhasil memetik hasil positif saat menjamu Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2016, Rabu (14/12). Pada laga tersebut, Tim Garuda sukses menang dengan skor 2-1.

Indonesia mampu tampil agresif sejak awal pertandingan. Namun, serangan-serangan yang dibangun Tim Garuda selalu mampu dibaca Thailand sehingga tidak ada ancaman yang berarti diciptakan.

Sementara itu, Thailand yang tak mau kalah agresif dari tuan rumah melancarkan serangan-serangan yang lebih mengancam ke gawang Indonesia. Bahkan, pada menit kesembilan, mereka nyaris unggul lewat tembakan Sarawut Masuk.

Berawal dari kesalahan umpan yang dilakukan Rizky Pora ke pertahanan Indonesia, bola mampu direbut Masuk. Beruntung, tembakannya masih melenceng jauh dari gawang Indonesia.

Indonesia mencoba memberikan ancaman untuk Thailand pada menit ke-26. Ketika itu, Stefano Lilipaly melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, bola masih bisa ditahan bek Thailand.

Petaka didapat Indonesia ketika memasuki menit ke-33. Saat itu, Thailand sukses membobol gawang Indonesia lewat sundulan Dangda lewat sundulan usai memanfaatkan umpan Theerathon Bunmanthan. Thailand memimpin 1-0.

Kebobolan membuat Indonesia semakin agresif. Mereka pun menggempur pertahanan Thailand dan mengancam lewat tembakan Boaz Solossa. Namun, tendangannya hanya menggetarkan jala luar gawang Indonesia.

Baca Juga  Mike Tyson Bakal Bangun Universitas Ganja

Situasi pertandingan semakin seru ketika memasuki lima menit terakhir sebelum turun minum. Kedua tim saling balas membalas peluang, namun tidak ada satu pun peluang yang berhasil dikonversikan menjadi gol sehingga skor 1-0 untuk keunggulan Thailand bertahan hingga turun minum.

Keunggulan pada babak pertama tak membuat Thailand langsung puas. Mereka bahkan mencoba untuk meningkatkan tempo permainan pada awal babak kedua untuk menambah keunggulan mereka.

Sejumlah peluang pun langsung diciptakan Thailand ketika laga baru berjalan 10 menit. Di antaranya melalui Pokklaw Anan, Sarach Yooyen, dan Kroskit Thawikan. Beruntung, upaya-upaya mereka tidak ada yang membuahkan gol.

Terus mendapatkan tekanan dari Thailand tak lantas menurunkan mental pemain Indonesia. Mereka pun berhasil bangkit dan hasilnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-65 lewat Rizky Pora. Gol tersebut dicetak lewat tembakan keras yang tak bisa dibendung kiper Thailand Kawin Thamsatchanan.

Indonesia semakin percaya diri usai menyamakan kedudukan. Mereka tampil amat agresif dan terus menggempur pertahanan Thailand.

Baca Juga  Kecelakaan Lalu Lintas, Reyes Meninggal Dunia

Alhasil, Indonesia berhasil berbalik unggul pada menit ke-70 lewat Hansamu Yama. Mendapat umpan sepak pojok dari Rizky Pora, Hansamu sukses menyambut umpan tersebut dengan sundulan yang gagal dijangkau Kawin.

Thailand tampak panik ketika tertinggal. Indonesia pun mencoba untuk memanfaatkan situasi tersebut dengan melancarkan sejumlah tekanan. Namun, upaya-upaya mereka tidak ada menghasilkan gol.

Memasuki menit-menit terakhir, Thailand mencoba untuk menyerang Indonesia untuk menyamakan kedudukan. Sayangnya, gempuran mereka berhasil diredam pertahanan Indonesia sehingga skor 2-1 bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini tentu membuka peluang Indonesia untuk juara Piala AFF. Sebab, mereka hanya butuh hasil seri pada leg kedua untuk memastikan menjadi juara pada Sabtu 17 Desember. Meski begitu, peluang Thailand juara tetap terbuka. Setidaknya, mereka harus meraih kemenangan di markas sendiri pada leg kedua nanti. (red/mtc/cektkp)