Loading...

Guendogan Cemerlang, Man City Taklukkan Barca

Loading...
Gelandang Manchester City Ilkay Gundogan saat mencetak gol ke gawang Barcelona (foto Reuters: Phil Noble)

CEKTKP.ID, Manchester – Ilkay Guendogan tampil cemerlang dan membawa Manchester City menundukkan Barcelona 3-1 dalam lanjutan penyisihan Grup C Liga Champions, Rabu (2/11) dini hari WIB. Hasil di Stadion Etihad ini sekaligus membalas kekalahan 0-4 yang diderita pasukan Pep Guardiola saat melawat ke Barcelona, dua pekan lalu.

Man City sempat kebobolan lebih dulu namun kemudian bangkit dan membalikkan keadaan. Guendogan mencetak dua gol sementara satu gol lainnya dilesakkan Kevin De Bruyne.

Hasil ini memang tak menggoyahkan posisi Barcelona sebagai pemimpin klasemen dengan koleksi sembilan poin. Sementara Man City bertengger di posisi kedua dengan tujuh poin unggul tiga poin atas Borussia Moenchengladbach yang bermain imbang saat menjamu Celtic.

Tuan rumah tertinggal lebih dulu pada menit ke-21 melalui aksi Lionel Messi. Gol ini kembali menunjukkan rapuhnya pertahanan Man City saat menghadapi serangan balik.

Gol berawal dariĀ  tendangan bebas yang didapat tuan rumah namun berhasil diredam lini belakang Barcelona. Neymar yang berada di sayap kiri kemudian merangsek ke lini pertahanan dan mengirim umpan ke depan gawang. Barisan belakang The Citizens lalai menjaga Lionel Messi sehingga pemain Argentina ini dengan mudah menaklukkan rekan senegaranya, Willy Caballero.

Baca Juga  KPMPB Desak Jokowi Bersihkan PSSI dari Mafia Bola

Namun mental Man City tak lantas jatuh oleh gol ini. Pasukan Gurdiola terus berupaya untuk menyamakan skor. Tekanan yang mereka lakukan akhirnya menghasilkan gol pada menit ke-39.

Bek kanan Barca, Sergi Roberto melakukan kesalahan saat menyodorkan bola. Sergio Aguero kemudian memanfaatkannya untuk mengirim umpan kepada Raheem Sterling. Pemain Timnas Inggris ini dengan cerdik memberikan bola kepada Ilkay Guendogan di tiang jauh dan tak terkawal.

Pemain Jerman keturunan Turki ini pun tak menyia-nyiakan kesempatan. Gelandang yang digaet dari Borussia Dortmund itu melesakkan bola ke gawang tanpa mampu diantisipasi kiper Marc Andre ter Stegen.

Ini merupakan gol keempat Guendogan musim ini. Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, moral pasukan Man City benar-benar bangkit setelah gol Guendogan. Mendapat tekanan dari serangan balik memaksa Sergio Busquets harus melanggar gelandang City, David Silva.

Tuan rumah mendapat tendangan bebas yang berhasil dimaksimalkan Kevin de Bruyne. Pemain Belgia ini mengarahkan bola ke sudut kiri atas gawang Barca. Tangan kiri Ter Stegen sempat menyentuh bola namun tetap tak kuasa mencegah gawangnya kebobolan untuk kedua kalinya pada menit ke-51.

Baca Juga  Griezmann Berlabuh ke Barcelona

Man City nyaris menambah keunggulan pada menit ke-63. Aleksandar Kolarov berhasil mengirimkan umpan ke depan gawang namun De Bruyne gagal menjangkau bola.

Hanya beberapa saat kemudian Barcelona mendapat peluang emas menyamakan skor. Luis Suarez berhasil merangsek ke pertahanan dan mengirimkan umpan kepada Andre Gomes. Namun tendangan kaki kiri pemain Portugal ini tak jadi melesak ke gawang lantaran mengenai mistar.

Jesus Navas mengirimkan umpan dari sisi kanan yang disambut Aguero sambil menjatuhkan diri di depan gawang. Namun bola hanya mengenai tubuhnya. Bola pantulan inilah yang dimanfaatkan Guendogan dan menghasilkan gol ketiga Man City. Tim asuhan Guardiola pun unggul 3-1 dan bertahan hingga laga usai. (red/sportinglife/cektkp)