Loading...

Terungkap, Setengah Gaji Pak Habibie Saat Jadi Presiden Diberikan ke Pelayan Istana

Loading...

Cektkp.id- Kisah Presiden RI ke-3 Baharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie tak ada habisnya untuk dibahas. Selama hidup, banyak kisah inspiratif dari bapak dirgantara itu.

Salah satunya datang dari Pramusaji Istana era Soeharto dan Habibie, Asep Setiawan. Asep mengisahkan betapa baik dan rendah hatinya Habibie. Sampai setengah gajinya diberikan buat para pelayan di Istana. Berikut kisahnya:

Asep Setiawan sudah menjadi pramusaji saat pemerintahan Presiden Soeharto. Asep kemudian berlanjut di era BJ Habibie. Pada masa itulah Asep mengenal sosok Habibie. Menurutnya, Habibie sosok yang baik luar biasa.

Sampai Habibie rela setengah gajinya diberikan untuk para pelayan di Istana. Hal itu tentu membuat para pelayan senang bukan kepalang.

“Ini yaa, buat keluarga,” kata Asep menirukan omongan Habibie.

Baca Juga  Polrestabes Medan Sembelih 27 Ekor Sapi dan 10 Ekor Kambing

Presiden RI ke-3 BJ Habibie dikenal sebagai orang yang sangat peduli terhadap sesama. Dia tak pernah pandang bulu ketika memberikan bantuan. Seperti kepada para pelayan di Istana semasa menjadi Presiden.

Habibie selalu rutin memberikan setengah gajinya kepada para pelayan Istana. Setiap tanggal 1-5 di awal bulan, dia selalu memberikan amplop berisi uang. Habibie tak pernah menyuruh orang lain untuk memberikannya. Dia sendiri yang langsung memberikan uang itu. Ketika memberikan uang, Habibie tak lupa menitip salam untuk keluarga para pelayan.

Awal BJ Habibie memberikan setengah gajinya untuk para pelayan membuat Asep Setiawan terkejut. Asep mengisahkan, kala itu dia diminta Habibie untuk mengumpulkan para pelayan di Istana Merdeka. Siang itu dia langsung bergegas untuk memanggil para pelayan, cleaning service, hingga tukang kebun. Rupanya Habibie ingin memberikan sedikit rezeki dari gajinya sebagai presiden.

Baca Juga  Kejati Sumut Qurban 5 Ekor Sapi dan 4 Ekor Kambing

“Waktu itu Pak Habibie berucap ‘Dek-dek ada berapa orang ya di sini?’– ‘Izin pak, apanya?’– ‘Di sini yang melayani saya ada berapa?’– ‘Banyak pak, ada pramu saji, ada cleaning service, ada gardener’– “Yaudah menghadap saya yaaa, udah panggilin ke sini. Yang melayani saya di sini,'” kata Asep sambil menirukan percakapan bersama Habibie.

Sumber: merdeka.com