Loading...

Bahaya, Jangan Pernah Berikan Gadget Anda Kepada Anak Menjelang Tidur

Loading...

Cektkp.id- Jangan sekali-kali para orang tua membujuk anak anda saat sedang marah atau menangis dengan memberikan ponsel. Masalah besar akan menghampiri anda.

Dalam tren yang semakin populer, orang tua terlihat memberikan smartphone kepada anak-anak mereka untuk mengalihkan perhatian mereka saat mereka menyelesaikan pekerjaan mereka.

Meskipun ada banyak penelitian yang sudah menunjukkan efek samping dari menggunakan smartphone di tempat tidur, orang-orang masih sibuk memakai gadgetnya sebelum tidur.

Padahal, kebiasaan ini akan mengganggu tidur Anda, dan membuat kurang tidur, dan bangun dengan perasaan tidak nyaman. Hal ini juga terjadi pada anak Anda jika mereka memakai ponsel sebelum tidur.

Jadi, jika anak-anak Anda terlihat sedikit pusing dan kurang tidur sepanjang hari, Anda perlu secara serius memonitor screentime mereka.

Menurut penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics, menggunakan smartphone, tepat sebelum tidur adalah penyebab utama gangguan tidur pada anak-anak. Alasan di balik hal yang sama sebenarnya adalah sulitnya otak berkembang.

Baca Juga  Ini Alasan Mengapa di Stasiun MRT Tak Ada Tempat Sampah

Karena otak anak masih dalam tahap pengembangan, paparan cahaya biru yang dihasilkan oleh smartphone dan berbagai gadget lainnya mengganggu jam tubuh internalnya. Faktor penting lain yang perlu diingat adalah murid yang lebih besar dari anak-anak, yang membuat mereka lebih rentan terhadap kepekaan cahaya. Dua faktor ini dalam kombinasi mendatangkan malapetaka pada tingkat melatonin anak Anda.

Melatonin adalah hormon yang mengatur siklus tidur dalam tubuh kita. Ketika sejumlah besar cahaya terdeteksi oleh retina, kadar melatonin turun. Jadi, Anda dapat membayangkan bagaimana mengekspos anak-anak Anda ke cahaya biru yang ditakuti – yang dipancarkan oleh layar smartphone – dapat secara drastis menghambat rutinitas waktu malam mereka.

Pertama dan terutama, Anda perlu memastikan bahwa Anda tidak membiarkan anak-anak Anda bermain (atau menonton video) di telepon pintar dalam waktu lama. Sebagai gantinya, dorong kebiasaan membaca yang teratur dan waktu bermain gratis untuk kesehatan mereka yang lebih baik.

Baca Juga  Wanita Ini Jual Celana Dalam Bekas, Untungnya Rp 25 juta per Bulan

Kedua, lepaskan telepon sebelum tidur. Penting juga bahwa Anda tidak menyimpan telepon di ruangan yang sama, tempat anak-anak Anda tidur. Penelitian yang sama telah menunjukkan bahwa anak-anak yang meninggalkan telepon mereka di kamar mereka menghadapi lebih banyak gangguan tidur.

Sederhananya, smartphone dan laptop tidak hanya memengaruhi tidur Anda, tetapi juga anak-anak Anda. Buatlah titik untuk menjauhkan ponsel dari anak setidaknya 2 jam sebelum tidur. Yang terpenting, luangkan waktu sejenak di Netflix larut malam dan sesi santai jika Anda ingin memberikan contoh yang baik untuk anak-anak Anda.

Sumber: okezone.com