Loading...

BJ Habibie Berperan Membidani Bank Syariah Pertama di Indonesia

Loading...

Cektkp.id- Presiden ke 3 Indonesia B.J Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9). Habibie merupakan salah satu pendiri bank syariah di Indonesia.

Direktur Utama Bank Muamalat Achmad Kusna Permana mengungkapkan sosok Habibie sangat berperan dalam membidani lahirnya Bank Syariah di Indonesia melalui Bank Muamalat.

“Beliau juga yang membantu Bank Muamalat keluar dari krisis 1998 dengan meminta bantuan permodalan secara langsung dari Islamic Development Bank (IDB),” kata Permana saat dihubungi detikcom, Kamis (12/9/2019).

Permana mengungkapkan sampai akhir hayat Habibie terus memberikan perhatian, memonitor perkembangan, bahkan mewasiatkan kepada anaknya Ilham Habibie untuk membantu perkembangan Bank Muamalat.

Dia menyebut, alasan itulah yang menghadirkan Pak Ilham Habibie hadir sebagai Komisaris Utama di Bank Muamalat.

Baca Juga  Kembangkan Industri Perikanan, Pengusaha Norwegia Siap Investasi Rp 60 Triliun di Yogyakarta

“Semoga Allah SWT menerima semua jerih payah beliau dalam menumbuhkan ekonomi syariah di Indonesia, memaafkan segala kekhilafan, serta menerima semua amal ibadah almarhum. Amin,” kata Permana.

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (“Bank Muamalat Indonesia”) memulai perjalanan bisnisnya sebagai Bank Syariah pertama di Indonesia pada 1 November 1991 atau 24 Rabi’us Tsani 1412 H.

Pendirian Bank Muamalat Indonesia digagas oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan pengusaha muslim yang kemudian mendapat dukungan dari Pemerintah Republik Indonesia.

Sumber: detikcom