Loading...

Bayar Kompensasi ke 22 Juta Pelanggan, PLN Bakal Potong Gaji Karyawan

Loading...

Cektkp.id- PT PLN (Persero) akan memotong gaji pegawainya untuk membayar biaya kompensasi kepada 22 juta pelanggan yang terkena dampak dari mati listrik massal di Banten, Jabodetabek, dan Jawa Barat pada Minggu (4/8). Adapun biaya kompensasi yang akan dibayarkan ke para pelanggan mencapai Rp 839,88 miliar.

Direktur Pengadaan Strategis 2 PT PLN (Persero), Djoko Raharjo Abumanan mengatakan, pemotongan gaji ini akan dilakukan kepada seluruh pegawai PLN yang berjumlah 40 ribu orang.

Djoko menjelaskan, pendapatan pegawai PLN terbagi menjadi dua bagian. Pertama adalah gaji pokok, dan yang kedua adalah bonus yang bergantung pada kinerja. Yang dipotong adalah bonus, bukan gaji pokok.

“Di PLN itu ada Merit Order. Kalau kerjanya enggak bagus, potong gaji. P2 perhitungkan. P1 gaji dasar, P2 ini kalau prestasi dikasih, kalau enggak ya enggak (dikasih). Kalau begini nih, kemungkinan kena semua pegawai. Enggak ngebul satu semester berikutnya,” ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (6/8).

Baca Juga  Gubernur Sumut Minta Bupati dan Wali Kota Prioritaskan UMKM untuk Akselerasi Perekonomian

Mengenai besaran pemotongan gaji, Djoko belum bisa menyebutkan. Sebab, harus dihitung ulang berdasarkan Indeks Kesejahteraan Sosial (IKS).

Lebih lanjut ia menambahkan, PLN harus berhemat akibat kejadian ini. Jika tidak berhemat maka program-program PLN yang sudah di rencanakan sejak awal tahun akan terganggu.

sumber: kumparan.com