Loading...

Gusmiyadi: Kita Harus Membangun Jiwa Kewirausahaan Masyarakat Siantar-Simalungun

Loading...

“Kita mempunyai tanggung jawab melatih sebanyak-banyaknya anak muda dan masyarakat untuk memiliki keahlian dalam mengkapitalisasi sumber daya alam disekelilingnya”.

Hal ini disampaikan politisi muda Gerindra yang juga staf ahli DPR-RI partai Gerindra, Gusmiyadi Goben dalam kegiatan bincang-bincang politik sehat wakil rakyat hebat yang diadakan oleh Mata Publik di Pininta Coffe Pematangsiantar, Jum’at (28/12).

Tampak hadir politisi PSI Dara Adinda Nasution, politisi PDI Janri P. Damanik, politisi Perindo Marulam Simarmata, masyarakat, dan mahasiswa.

Gusmiyadi mengatakan, kita mempunyai gerakan menanam keladi yang menjadi limbah yang tidak terpakai untuk menjadi makanan ternak misalnya itu bisa menjadi bernilai dikemas sedemikian rupa dan dipasarkan.

“Dan sekarang hal ini sudah terjadi pergerakan baru di daerah Simalungun Atas. Masyarakat sudah mulai menanam keladi di sekitar rumahnya. Kawan kawan petani dapat memahami setiap hasil bumi ini dapat diolah dan menjadi nilai jual yang tinggi”, kata caleg Partai Gerindra DPRD tk I Dapil 10 no urut 4 ini.

Baca Juga  Jokowi Kaget Harga Tiket Pesawat Mahal

“Saya ingin tanya, apa oleh-oleh dari Simalungun ditengah kekayaan alam kita. Kalau kawan-kawan tidak bisa jawab berarti ini persoalan yang mengerikan buat kita. Kita ingin Melinjo di Pematang Bandar, Huta Bayu Raja itu menjelma menjadi oleh-oleh berbentuk Emping dari Simalungun”, tegasnya.

“Kita ingin kopi-kopi yang ditanami masyarakat kita itu menjadi kopi-kopi berkualitas yang kemudian didistribusikan kota Pematang siantar maupun kota besar lainnya dan menjadi oleh-oleh khas Simalungun”, tegas Gusmiyadi.

Gusmiyadi juga menambahkan, “Kita juga ingin petani coklat kita merasakan coklat yang ditanamnya sendiri dan kita nikmati bersama”.

“Nah untuk itu, bagaimana kita dapat melatih masyarakat kita untuk menjadi entrepreneur dan usahawan yang profesional”, tutur politisi muda ini.

“Kita sendiri bisa menggerakkan dan mengedukasi masyarakat kita. Karena kalau sudah berhasil satu maka yang lainpun akan ikut juga dan terus berkembang menjadi kebangkitan ekonomi kerakyatan yang merata”, Tutur Gusmiyadi.

Baca Juga  PLN Sabet Penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

“Terimakasih kawan-kawan MataPublik , komunitas kritis di Pematang Siantar. Sore ini menjadi indah luar biasa karena gagasan-gagasan politik mengalir secara cerdas pada forum yang tepat. Kita jemput perubahan!”, akhirinya.

Gusmiyadi seorang tokoh muda asal Pematangsiantar yang sudah blusukan di beberapa kecamatan di Simalungun dan Pematangsiantar. Hal ini tampak dari postingan laman Facebook pribadinya.

Salah satu warga Pematangsiantar, Muhammad Bakti Nasution mengatakan bahwa Gusmiyadi menjalankan program yang sudah terealisasi membina kaum muda milenial, Mengembangkan usaha petani, melatih anak muda, dan membangun jiwa kewirausahaan kepada masyarakat. (aul/rel/cektkp)