Loading...

Inalum dan Pemkab Tobasa Bermitra Bangun Masyarakat Sekitar

Loading...

CEKTKP.ID,BALIGE- Direksi PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum mengadakan pertemuan dengan jajaran pemerintahan Kabupaten Toba Samosir di Kantor Bupati Toba Samosir, Balige (20/12/2018) lalu.

Pertemuan ini merupakan salah satu agenda dalam rangkaian roadshow Direksi Inalum ke wilayah yang berada di sekitar lokasi operasionalnya dan Danau Toba.

Plt Direktur Pelaksana PT Inalum Oggy Achmad Kosasih disambut Wakil Bupati Tobasa Hulman Sitorus.

Pertemuan yang juga dihadiri oleh Sekda Kabupaten Toba Samosir Harapan Napitupulu, Senior Executive Vice President Pengembangan Bisnis Inalum Dante Sinaga, serta jajaran manajemen Inalum dan Kepala Dinas di lingkungan pemerintahan Kabupaten Toba Samosir merupakan bagian dari program meningkatkan koordinasi antara Inalum dan juga pemerintahan kabupaten yang berhubungan dengan operasionalnya.

Selain memperkenalkan jajaran manajemen yang didominasi oleh kepala departemen dan membahas beberapa isu strategis, Inalum juga menyerahkan beberapa program tanggungjawab masyarakat yang sudahdijalankan di Kabupaten Toba Samosir.

“Sebagai BUMN, Inalum diberikan kebebasan menentukan prioritas program CSR dan PKBL. Oleh karena itu untuk pelaksanaan program 1-2 tahun mendatang kami memilih untuk mengerucutkan program agar berfokus pada penghijauan dan pariwisata.”

Baca Juga  Kabupaten Batubara dan Simalungun Rasakan Langsung Kehadiran PT Inalum

“Dalam hal pariwisata misalnya, Inalum bekerjasama dengan salah satu yayasan di Toba Samosir untuk memberikan pelatihan vokasional dalam bidang hospitality bagi masyarakat, agar mereka siap untuk mengelola potensi pariwisata yang ada disini,” tutur Oggy.

Dante juga menjelaskan bahwa selain program CSR, Inalum juga berkontribusi pada upaya pemulihan pada berbagai bencana yang ada di Indonesia.

“Dukungan Inalum tidak hanya di bidang pemberdayaan masyarakat saja, tapi juga dalam kondisi darurat bencana.”

“Inalum memiliki tim tanggap darurat yang telah mendukung pemulihan pasca bencana di beberapa daerah di Indonesia dan salah satu yang baru saja terjadi di dekat kita adalah bencana longsor di Halado. Dalam hal ini Inalum akan fully support agar kondisi wilayah setempat dapat pulih kembali.”

Oggy menambahkan, para yatim piatu dari orangtua yang menjadi korban longsor akan diberikan beasiswa hingga SLTA oleh Inalum, dan apabila berprestasi akan dibiayai hingga kuliah.

Baca Juga  Resepsi HUT ke-43 PT Inalum Meriah, Berikan Bantuan dan Harapan Jadi Perusahaan Kelas Dunia

Selain bantuan yang diserahkan secara simbolis tersebut, Inalum sebelumnya juga telah berkontribusi bagi Kabupaten Toba Samosir melalui bantuan beasiswa 2017 untuk tingkat SD, SMP, SMA, D3, S1, S2 sebanyak 1.040 penerima beasiswa.

Program operasi katarak dan operasi bibir sumbing bagi masyarakat kurang mampu, program rehabilitasi lahan kritis di daerah tangkapan air Danau Toba.

Pelatihan dan sertifikasi kepemanduan arung jeram bagi masyarakat sekitar Sungai Asahan serta pembuatan Posyandu, Sumur Bor, dan Jamban/MCK untuk masyarakat.

Di tahun 2018 anggaran CSR dan PKBL Inalum meningkat sebesar 7 miliar rupiah dibanding tahun 2017, menjadi 39 miliar rupiah.

(cek/vdp)