Lembaga Asuransi di Indonesia

Anda ingin mengetahui lembaga Asuransi di Indonesia? Simak 7 lembaga asuransi di Indonesia yang telah terdaftar dan diawasi OJK berikut.


Banyak lembaga asuransi di Indonesia yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun, sayangnya dari total masyarakat Indonesia hanya 1,7% saja yang terdaftar dan terlindungi dalam asuransi.

Hal tersebut tidak lain karena banyaknya anggapan masyarakat bahwa asuransi itu mahal. Padahal, dalam kenyataannya mulai dengan Rp 50.000 saja, Anda sudah bisa membeli asuransi kesehatan setiap bulannya.

Pengertian Perusahaan Asuransi dan Contohnya

Lembaga atau perusahaan asuransi merupakan perusahaan pemberi jasa pertanggungan resiko.

Dilakukan dengan cara memberikan penggantian atas kerugian biaya yang muncul kepada pihak tertanggung atau pemegang polis sebagai akibat adanya suatu masalah yang tidak terduga.

Lembaga asuransi memiliki fungsi sebagai penyedia jasa atas pengalihan resiko dari pemilik polis asuransi kepada perusahaan sesuai dengan jenis resiko dan ketentuan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Adapun beberapa contoh perusahaan asuransi terbaik dan terpercaya di Indonesia ialah Allianz, Prudential, Manulife, Sinarmas, AIA, ataupun AXA Mandiri.

Selain perusahaan swasta, terdapat pula perusahaan asuransi BUMN seperti Jasa Raharja, Jasindo, ataupun Taspen.

Contoh Perusahaan Asuransi Terbaik yang Telah Terdaftar di OJK

Berikut ialah beberapa contoh perusahaan asuransi terbaik dan terpercaya di Indonesia yang telah mendapatkan izin dan pengawasan secara resmi dari OJK.

1. Perusahaan Asuransi Allianz

Allianz merupakan salah satu perusahaan asuransi tingkat internasional yang salah satu cabangnya berada di Indonesia. Perusahaan ini memiliki fokus dalam menawarkan asuransi dan manajemen aset.

Allianz pertama kali didirikan di Jerman pada tahun 1980 dan dikembangkan di Indonesia mulai tahun 1981. Setelah 8 tahun kemudian, tepatnya tahun 1989, Allianz mulai bergerak dalam melayani masyarakat dalam asuransi umum.

Selanjutnya, pada tahun 1006, Allianz membagi produk asuransinya dalam beberapa jenis seperti layanan asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan asuransi dana pensiun.

Sampai saat ini, titik pelayanan Allianz di Indonesia totalnya mencapai 88 titik yang terbagi dalam 44 kota.

Dengan begitu, tidak heran jika lembaga asuransi ini banyak memiliki nasabah dari berbagai pelosok negeri. Sampai tahun 2020, total nasabah Allianz tercatat telah mencapai 8,3 juta jiwa.

2. Perusahaan Asuransi Prudential

Perusahaan asuransi Prudential merupakan salah satu bagian dari Prudential PLC yang berasal dari Inggris. Perusahaan ini berhasil didirikan dan mulai melayani masyarakat Indonesia sejak tahun 1995.

Adapun salah satu produk asuransi unggulan yang ditawarkan oleh Prudential ialah unit link. Selanjutnya, pada tahun 2007 Prudential juga berhasil meluncurkan produk asuransi syariah yang dijalankan dengan prinsip-prinsip syariah.

Sampai tahun 2020, tercatat lebih dari 2,8 jiwa telah dilayani oleh perusahaan ini dengan total dana yang dikelola mencapai sekitar Rp70 triliun.

3. Perusahaan Asuransi AXA Mandiri

AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi gabungan yang bekerja sama dengan PT. Bank Mandiri. Sesuai dengan namanya, perusahaan ini juga mengambil nama dari kedua perusahaan tersebut.

AXA Mandiri merupakan salah satu bagian dari AXA Group yang telah melayani lebih dari 50 negara-negara di dunia.

Meski masih tergolong baru sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang asuransi, namun keberadaannya patut dijadikan bahan pertimbangan. 

Sejauh ini, total nasabah yang tercatat mencapai lebih dari 105 juta jiwa yang terbesar dalam beberapa negara.

4. Perusahaan Asuransi Indolife

Perusahaan asuransi Indolife merupakan perusahaan asuransi yang telah bergerak sejak tahun 1991 dengan produk utama yang ditawarkan yakni asuransi jiwa dan asuransi dana pensiun.

Indolife merupakan salah satu perusahaan yang berada di bawah naungan Salim Group. Salim Group adalah perusahaan konglomerat di Indonesia yang membawahi banyak perusahaan besar lainnya dalam berbagai bidang.

5. Perusahaan Asuransi BNI Life

Perusahaan asuransi BNI Life merupakan anak perusahaan PT. Bank BNI yang didirikan pada tahun 1997. Sebagai anak perusahaan, lembaga asuransi ini merupakan bentuk joint venture antara PT. Bank BNI dengan Sumitomo Life Insurance Company.

Posisinya di Indonesia termasuk sebagai salah satu perusahaan asuransi terbaik. Hal tersebut terbukti dari tingkat profesionalismenya dalam pelayanan asuransi ketika melewati masa sulit pada tahun 2015.

Dalam periode tersebut, mereka tetap bisa mempertahankan posisinya sebagai lembaga asuransi new business premium.

6. Perusahaan Asuransi Sinar Mas

Sinar Mas merupakan salah satu contoh perusahan asuransi umum terkemuka yang berhasil memberikan perlindungan kepada nasabahnya atas berbagai jenis resiko kerugian. 

Berbagai jenis produk asuransi yang tersedia yakni asuransi kesehatan, asuransi perlindungan properti, pengangkutan dan perlindungan dari kredit UKM.

Beberapa layanan tersebut dapat diperoleh melalui kantor cabang ataupun kantor pemasarannya. 

Sampai saat ini, tercatat kantor cabang Sinar Mas mencapai 33 unit dan 71 unit untuk kantor pemasarannya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

7. Perusahaan Asuransi FWD

PT. FWD Life merupakan perusahaan asuransi yang memiliki jangkauan pemasaran dalam beberapa negara-negara maju seperti Singapura, Hongkong, dan Macau. Perusahaan ini berdiri dan mulai melayani masyarakat sejak tahun 2013.

Segala bentuk layanan yang tersedia dalam perusahaan ini dikelola dengan sistem online dan paperless atau tanpa kertas. Selain memberikan pelayanan dengan teknologi terbaru, mereka juga menargetkan setiap nasabahnya bisa melek terhadap teknologi terkini.

Selain mendapatkan kemudahan akses, setiap nasabah juga akan mendapatkan tawaran diskon yang menarik setiap melakukan pembelian polis asuransi.

Demikian ulasan mengenai contoh lembaga asuransidi Indonesia terpercaya yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli polis asuransi.

Anda bisa membeli asuransi kesehatan, asuransi jiwa ataupun jenis asuransi lainnya sesuai kebutuhan.

Leave a Comment