Jenis-Jenis Asuransi

Anda ingin lebih tahu soal asuransi? Simak jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia yang perlu Anda pahami dan ketahui berikut.


Sebagian besar dari Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah asuransi?

Ya, salah satu bentuk perlindungan dan manfaat asuransi ini sudah ada sejak puluhan tahun silam dan saat ini sudah jauh lebih berkembang dan jumlah perusahaan asuransi juga banyak.

Jenis-jenis asuransi sendiri juga ada beberapa yang terdapat di Indonesia. Namun, asuransi kesehatan adalah yang paling sering dibahas di masyarakat, sehingga menjadi yang paling populer.

Karena populer, masih banyak masyarakat yang tidak tahu kalau sebenarnya ada beberapa jenis asuransi lainnya. Buat Anda yang juga belum tahu, cek daftar di bawah ini.

Jenis-Jenis Asuransi di Indonesia

1. Asuransi Kesehatan

Mari bahas dari yang paling populer tadi yaitu asuransi kesehatan. Sesuai namanya, asuransi ini akan memberikan perlindungan untuk kesehatan orang yang didaftarkan asuransi dengan cara menanggung biaya pengobatan mulai dari rawat jalan hingga operasi.

Adapun jenis penyakit yang akan diganti biayanya oleh asuransi kesehatan meliputi sakit biasa hingga cacat dan bahkan juga kematian. Selanjutnya, asuransi kesehatan masih dibagi lagi nih menjadi beberapa.

Jenis-jenis asuransi kesehatan di Indonesia adalah:

  • Asuransi kesehatan personal
  • Asuransi kesehatan kelompok
  • Asuransi kesehatan swasta
  • Asuransi kesehatan pemerintah
  • Asuransi kesehatan rawat inap
  • Asuransi kesehatan rawat jalan

2. Asuransi Jiwa

Jenis asuransi ini sering disamakan dengan jenis sebelumnya padahal sebenarnya berbeda. 

Asuransi jiwa akan memberikan santunan kepada pemegang atau ahli waris polis yang didaftarkan saat kematian datang atau terjadi kecelakaan dan mengakibatkan cacat (sebagian atau total dan bersifat permanen).

3. Asuransi Mobil

Tak hanya orang, kendaraan kesayangan seperti mobil juga perlu diberikan perlindungan maksimal.

Jadi suatu saat mobil Anda mengalami kerusakan, yang disebabkan oleh kecelakaan, kerusuhan, sabotase, atau bencana alam, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya perbaikan.

Sama seperti asuransi kesehatan tadi, asuransi kendaraan atau asuransi mobil juga dibagi menjadi beberapa jenis lagi. Jenis-jenis asuransi mobil yang ada saat ini meliputi:

  • All Risk: Asuransi jenis ini akan mengcover biaya perbaikan untuk mobil yang mengalami berbagai jenis kerusakan mulai dari sekedar lecet biasa hingga yang parah seperti ringsek karena kecelakaan.
  • Total Loss Only: Biasa disingkat dengan TLO, jenis asuransi ini akan memberikan pertanggungan untuk kerusakan mobil yang mengalami rusak sedang hingga parah. Jadi jika hanya lecet kecil, Anda tidak bisa nih melakukan klaim asuransi.

Jika mobil Anda hilang, jenis asuransi TLO ini juga bisa mengganti dengan unit baru. Tapi total nilai pertanggungannya hanya sampai maksimal 75% dari harga mobil itu sendiri pada tahun saat asuransi di klaim.

  • Gabungan: Perlindungan lebih maksimal bisa Anda dapatkan jika memilih asuransi mobil jenis gabungan, yang biaya pertanggungannya meliputi all risk dan TLO tadi.
  • Collision coverage: Jika Anda sering berkendara terutama ke luar kota, maka jenis asuransi ini akan sangat berguna karena biaya pertanggungannya khusus untuk kecelakaan.
  • Liability insurance: Asuransi ini juga menanggung biaya perbaikan akibat kecelakaan, tapi masih ditambah dengan penggantian biaya berobat Anda akibat kecelakaan tadi.
  • Rider: Jika Anda tinggal di daerah yang rawan bencana seperti longsor, banjir, atau mungkin juga daerah yang sering terjadi kerusuhan/huru-hara, maka asuransi rider adalah pilihan terbaik karena biaya perbaikan mobil akibat beberapa hal tadi akan diganti oleh perusahaan asuransi.

4. Asuransi Pendidikan

Anda pasti sudah tahu jika biaya pendidikan semakin hari semakin mahal. Karena itu, persiapan matang sejak sekarang perlu banget disiapkan. Salah satunya dengan asuransi pendidikan anak.

Ada dua jenis asuransi pendidikan, yaitu:

  • Asuransi dwiguna: Memberikan perlindungan untuk biaya pendidikan anak jika orang tuanya mengalami cacat permanen yang membuatnya tidak bisa lagi bekerja atau bahkan meninggal dunia.
  • Unit link: Jenis ini merupakan produk kombinasi antara investasi dan asuransi pendidikan.

5. Asuransi Investasi

Ingin mencoba berinvestasi tapi juga ingin memproteksi diri dengan asuransi? Bisa saja. Karena kini ada juga jenis asuransi investasi yang merupakan produk gabungan antara investasi dan asuransi.

Jadi saat Anda membayar premi nanti, dana ini akan dialirkan ke dua hal yaitu asuransi dan investasi. Produk asuransinya sendiri bisa berupa perlindungan kecelakaan, jiwa, kesehatan, dan juga penyakit kritis.

Anda bisa memilih sendiri mana yang paling dibutuhkan. Lalu untuk investasinya sendiri bisa Anda ambil saat hari tua nanti saat Anda sudah tidak berpenghasilan.

6. Asuransi Hari Tua

Jika Anda hanya ingin produk yang berfokus pada asuransi dan untuk hari tua, maka Anda bisa memilih asuransi hari tua yang nantinya bisa Anda ambil saat sudah berhenti bekerja.

Jadi nantinya, meski sudah tidak berpenghasilan tapi Anda tetap memiliki uang. Jenis-jenis asuransi ada banyak dan Anda bisa memilih sendiri mana yang kira-kira paling Anda butuhkan.

Mungkin saja asuransi untuk kesehatan karena kondisi badan Anda yang sering sakit misal atau jenis asuransi untuk mobil kesayangan, jiwa, atau yang lainnya.

Demikian ulasan mengenai jenis-jenis Asuransi yang ada di Indonesia. Anda wajib paham dan tahu mengenai jenis asuransi ini sebelum membeli asuransi. Dan pastikan Anda memilih asuransi yang aman di Indonesia.

Leave a Comment