Manfaat Asuransi

Anda ingin membeli jasa Asuransi? Simak 6 manfaat asuransi yang wajib diketahui oleh calon nasabah agar paham resikonya berikut ini.


Produk asuransi sudah ada sejak lama ternyata, tapi sampai saat belum dikenal baik oleh sebagian besar masyarakat.

Sebagian orang sering kali langsung menolak tawaran asuransi dari agen padahal belum mendengar penjelasan yang lebih detail termasuk tentang berbagai istilah asuransi dan manfaatnya.

Bagaimana dengan Anda?

Jika Anda juga termasuk tipe orang yang selama ini belum mengenal baik tentang asuransi, sebaiknya cek dulu daftar manfaat asuransi yang ada di bawah ini. Karena asuransi sebenarnya sangat penting untuk kehidupan Anda dan bahkan juga keluarga.

Apa Manfaat Asuransi Bagi Masyarakat?

Sebelum membahas lebih jauh tentang berbagai manfaat dari asuransi, mari pahami lebih dulu tentang definisinya. Jadi, asuransi adalah sebuah perjanjian antara pemegang polis (disebut tertanggung) dengan perusahaan asuransi (yang disebut penanggung).

Pemegang polis memiliki kewajiban untuk membayar premi secara rutin dalam jangka tertentu. Sedangkan pihak perusahaan berkewajiban untuk memberikan klaim/uang santunan ketika resiko yang disebutkan dalam perjanjian dialami oleh pemegang polis. 

Lalu untuk manfaat asuransi bagi tertanggung adalah:

1. Mencegah Kepanikan atauKebingungan Finansial

Manfaat yang pertama ini sudah sangat jelas karena jika suatu saat ada peristiwa tak terduga yang terjadi pada Anda misalnya mobil mengalami kerusakan dan membutuhkan biaya perbaikan yang besar karena kecelakaan.

Dengan begitu, Anda tidak perlu pusing soal biaya jika sudah ikut asuransi kendaraan. Nantinya, biaya perbaikan mobil akan ditanggung oleh pihak perusahaan. 

Jika Anda juga mendaftarkan diri ke asuransi kesehatan, maka biaya berobat Anda akibat kecelakaan tersebut akan ditanggung juga oleh pihak perusahaan.

Jadi jika ditarik kesimpulan, Anda tidak akan bingung soal biaya, tidak akan terlalu panik, dan juga dapat mencegah Anda berhutang.

Apabila hal-hal tersebut misalnya saat peristiwa yang tidak diinginkan terjadi dan Anda sedang tidak memiliki cukup banyak uang.

2. Merasa Lebih Tenang dan Aman

Seperti yang disebutkan sebelumnya, hal tak terduga seperti tiba-tiba kecelakaan, kendaraan hilang, rusak karena bencana, atau Anda sakit serius di masa depan bisa saja terjadi. 

Tapi dengan membeli polis asuransi, Anda bisa lebih santai di masa sekarang juga di masa depan. Pasalnya, Anda sudah tahu bahwa resiko dari kejadian tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Jadi, Anda lebih bisa menjalani kehidupan di masa sekarang dengan tenang dan saat ada hal tak terduga pun Anda hanya perlu mengajukan klaim asuransi.

3. Pengalihan Resiko

Masih sedikit berkaitan dengan poin pertama tadi, manfaat asuransi bagi nasabah lainnya adalah mengalihkan resiko yang didapat kepada pihak penanggung/perusahaan asuransi.

Jadi, Anda bisa lebih fokus pada kesehatan diri akibat kecelakaan tadi atau pada perbaikan mobil Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu pusing mengenai biaya salah satu atau keduanya.

4. Melindungi Tabungan

Sejumlah uang yang sudah Anda kumpulkan untuk tujuan tertentu, misalnya membeli kendaraan baru, membeli rumah, liburan ke luar negeri, atau lainnya tidak akan terkuras untuk hal-hal tak terduga seperti di atas tadi.

Hal ini tentu saja akan membuat uang tabungan Anda tetap aman, tapi biaya untuk hal-hal tak terduga sudah ada.

5. Keuangan Lebih Teratur

Sebagai pihak pemegang polis yang wajib membayar premi per bulan, maka tanpa disadari atau tidak Anda sudah menerapkan kebiasan baik, yaitu menjadi lebih disiplin dalam hal keuangan.

Karena wajib membayar, maka Anda sudah pasti harus mengatur keuangan yang masuk setiap bulan termasuk juga mungkin mengontrol pengeluaran.

Kebiasaan sederhana ini sangat bagus untuk kesehatan finansial dan biasanya orang yang pandai mengatur keuangan lebih terhindar dari hutang.

6. Melindungi Orang-orang Tersayang

Selain manfaat asuransi bagi individu, ada juga yang bermanfaat untuk keluarga. Keluarga tentu menjadi yang paling Anda sayang, bukan? 

Sebagai salah bentuk cinta kepada anggota keluarga di rumah sekaligus untuk menjaga stabilitas keuangan dalam rumah tangga, Anda bisa mendaftarkan keluarga Anda ke asuransi juga. Contohnya, untuk asuransi kesehatan.

Jadi jika suatu saat keluarga Anda sakit, Anda bisa dengan segera membawanya berobat tanpa perlu memikirkan dana.

Lalu, jika misalnya kebetulan Anda adalah sang pencari nafkah di rumah dan satu-satunya (sumber aliran dana hanya satu), maka Anda bisa mendaftar diri ke polis asuransi jiwa.

Jadi jika karena suatu kejadian Anda tidak bisa lagi mencari nafkah, maka pemasukan di rumah tangga tidak akan langsung terhenti karena perusahaan asuransi akan memberikan dana santunan.

Dana ini nantinya bisa dipergunakan oleh keluarga Anda untuk kebutuhan sehari-hari sambil memikirkan cara/membuat rencana mengenai cara mendapat pemasukan di masa depan.

Tujuannya tentu agar roda ekonomi keluarga tetap berputar meskipun Anda sudah tidak lagi bekerja.

Manfaat asuransi yang lebih rinci sebenarnya sangat tergantung pada jenis asuransi apa yang Anda ambil, apakah asuransi pendidikan, kendaraan, kesehatan, jiwa, properti, atau lainnya. Tapi secara umum dan secara garis besar, manfaatnya adalah enam poin di atas.

Leave a Comment