Polis Asuransi Mobil dan Cara Memilihnya

Anda ✓ ingin membeli jasa asuransi mobil? Simak pengertian polis asuransi mobil dan cara memilih polis kendaraan bermotor berikut ini.


Punya mobil kesayangan yang selama ini sudah rajin dirawat dan dibawa ke bengkel secara berkala?

Ternyata hal ini belum cukup untuk melindungi mobil kesayangan Anda. Perlindungan yang lebih maksimal bisa Anda berikan dengan cara mendaftar polis asuransi mobil.

Pengertian Polis Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi sendiri adalah salah satu bentuk perlindungan untuk objek yang diasuransikan, bisa berupa orang atau juga barang. 

Asuransi mobil adalah jenis asuransi yang saat mobil Anda nantinya mengalami kerusakan, mulai dari lecet ringan hingga sangat parah misalnya ringsek karena kecelakaan, maka perusahaan asuransi lah yang akan menanggung biaya perbaikannya.

Jika mobil Anda mengalami kerusakan akibat bencana alam seperti banjir, tanah longsor, atau karena musibah kebakaran, kerusuhan, dan sebagainya, maka biaya pembelian unit baru juga bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Dengan kata lain, Anda jadi tidak perlu mengeluarkan uang dari saku pribadi. Tapi jangan terlalu senang dulu, sebagai ganti dari biaya pertanggungan tadi, sebelumnya Anda harus rajin membayar premi asuransi mobil per bulan, per tahun, atau per semester kepada perusahaan asuransi.

Adapun jumlah dari premi ini sangat tergantung pada jenis asuransi mobil yang Anda pilih dan tergantung juga di perusahaan mana Anda mendaftar asuransi. Karena di satu jenis asuransi mobil yang sama, biaya preminya bisa berbeda di perusahaan yang berbeda.

Setelah Anda nanti membeli produk asuransi, perusahaan akan memberikan nomor polis asuransi, yaitu kode unik yang akan menjadi identitas Anda sebagai nasabah asuransi atau pemegang polis yang sah dan legal.

Cara Memilih Polis Asuransi Mobil

Pilihan untuk polis asuransi kendaraan seperti mobil saat ini sudah sangat beragam, begitu juga dengan jumlah perusahaan yang menawarkannya. 

Agar Anda tidak terlalu bingung dengan banyaknya pilihan yang ada, dan nantinya bisa mendapat manfaat yang maksimal sesuai kebutuhan, maka bisa cek tips memilih polis berikut ini:

1. Minta Rekomendasi dari Teman atau Saudara

Jika Anda memiliki teman kerja, saudara, tetangga, keluarga jauh, atau kenalan lain siapapun yang memiliki mobil dan menurut Anda individu tersebut bisa dipercaya, maka Anda bisa coba bertanya apakah mereka mendaftar polis asuransi atau tidak dan di perusahaan mana.

Sebenarnya, tanpa harus repot bertanya kepada seseorang, Anda bisa dengan mudah mendapat daftar perusahaan mana saja yang konon terbaik di bidang ini. 

Namun, pengalaman pribadi dari customer terutama orang yang Anda kenal biasanya lebih nyata daripada informasi atau testimoni online.

2. Bandingkan Beberapa Perusahaan

Saat mencari informasi mengenai perusahaan asuransi yang bagus, ingatlah untuk tidak fokus pada satu perusahaan saja. Tapi kumpulkan setidaknya dua perusahaan yang menurut kenalan Anda tadi terbaik di bidangnya, kemudian cari informasi lebih lanjut lewat internet.

Anda bisa cek jenis asuransi apa saja yang mereka tawarkan, seperti apa kebijakannya, cara klaim yang ditawarkan, rate premi yang berlaku di perusahaan tersebut, biaya polis asuransi mobil di perusahaan tersebut, dan sebagainya.

Terbaik menurut teman Anda, belum tentu cocok dengan Anda. Karena itu, penting banget untuk mencari informasi lebih lanjut ini.

3. Pilih Jenis Asuransi yang Dibutuhkan

Jenis asuransi mobil itu ada banyak dan Anda harus bisa menentukan pilihan yang paling sesuai dengan kebutuhan. Beberapa jenis tersebut adalah sebagai berikut:

  • Total Loss Only (TLO): Biasa disebut juga dengan polis asuransi mobil hilang karena memang akan memberikan biaya pembelian unit baru jika mobil Anda dicuri atau dirampok dan juga jika mobil mengalami rusak sedang hingga parah. Tapi, nilai penggantian ini sama atau lebih dari 75% dari harga mobil itu sendiri di tahun kerusakan, jadi bukan harga mobil saat dibeli beberapa tahun silam.
  • All Risk: Biaya untuk berbagai jenis kerusakan mobil mulai dari lecet kecil hingga yang parah atau mobil dicuri akan ditanggung oleh jenis asuransi all risk.
  • Asuransi gabungan: Jika ingin mendapat perlindungan yang sempurna untuk mobil kesayangan, maka Anda bisa pilih jenis asuransi ini yang merupakan gabungan dari TLO dan all risk.
  • Rider (asuransi perluasan): Biaya pertanggungan yang ditanggung jenis asuransi ini termasuk mobil rusak karena angin topan, banjir, tsunami, gempa bumi, kerusuhan/huru hara, sabotase/terorisme, dan kecelakaan diri.
  • Collision coverage: Khusus untuk biaya ganti rugi akibat kecelakaan, Anda bisa memilih jenis asuransi ini.
  • Liability insurance: Jenis ini juga menanggung biaya perbaikan untuk mobil yang mengalami kecelakaan, tapi ditambah dengan biaya pengobatan untuk pengendara yang namanya sudah didaftarkan.

4. Pilih Asuransi yang Punya Banyak Rekan Bengkel

Perusahaan yang seperti ini akan sangat memudahkan Anda saat akan memperbaiki mobil saat terjadi kerusakan. Jika rekan bengkelnya banyak dan ada dimana-mana, maka Anda tidak akan terlalu repot saat mengajukan klaim.

Mendaftar polis asuransi mobil menjadi salah satu cara terbaik untuk melindungi kendaraan kesayangan sekaligus keuangan Anda di masa depan. Jadi jika nantinya ada biaya tak terduga yang harus dikeluarkan, Anda tidak perlu bingung lagi.

Leave a Comment