Asuransi Mobil Terbaik

Anda ingin membeli jasa asuransi mobil untuk perlindungan kendaraan Anda? Silahkan simak beberapa asuransi mobil terbaik di Indonesia berikut ini.


Asuransi mobil terbaik kini menjadi salah satu hal yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

Melalui berbagai produk dan fasilitas layanan asuransi yang ditawarkan, mereka mampu membantu nasabah dalam mengurangi resiko terhadap kerusakan ataupun kehilangan mobil.

Asuransi mobil terbagi ke dalam dua jenis yakni asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO (total loss only).

Kedua jenis asuransi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang nantinya bisa Anda pertimbangkan sebelum memilihnya.

Jenis Asuransi Mobil

Berikut ialah jenis asuransi mobil yang tersedia di Indonesia. Pertama, yakni asuransi mobil all risk dengan premi cukup tinggi yang memberikan perlindungan secara keseluruhan mulai dari kerusakan ringan sampai dengan kehilangan yang tidak disengaja.

Kedua, yakni jenis asuransi total loss only atau TLO yang bisa diklaim ketika mobil mengalami kerusakan diatas 75%. Dalam hal ini, jika kerusakan yang terjadi di bawah persentase tersebut maka klaim asuransi tidak bisa dilakukan.

Selanjutnya mengenai harga asuransi mobil yang ditetapkan untuk asuransi all risk berkisar antara 3,5% dari harga mobil yang diasuransikan pada saat itu.

Sedangkan untuk asuransi jenis TLO, besaran premi yang dibebankan berkisar di antara ratusan hingga jutaan sesuai dengan jenis, harga, dan jenis penggunaan mobil. 

Kedua jenis asuransi tersebut tidak hanya dijalankan secara konvensional, melainkan juga diterapkan dalam asuransi mobil syariah yang menerapkan prinsip dan syariat Islam di dalamnya.

Macam-Macam Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Di bawah ini ialah beberapa contoh produk asuransi mobil terbaik di Indonesia yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum nanti menggunakannya.

1. ABDA

Asuransi mobil ABDA menawarkan jenis asuransi mobil all risk sebagai proteksi secara menyeluruh untuk berbagai jenis mobil, baik itu mobil penumpang, mobil pengangkut barang ataupun bus. 

Produk asuransi ini akan memberikan jumlah dana maksimal yang bisa dicover senilai  Rp1,5 miliar yang dibayarkan melalui sistem premi tahunan.

Berbagai perluasan perlindungan juga bisa diklaim dalam asuransi ini seperti resiko bencana alam, kerusuhan, terorisme, ataupun sabotase.

2. AXA Mandiri

PT. AXA Mandiri menawarkan produk asuransi mobil bernama Mandiri Mobil Comprehensive yang bisa membantu nasabah akan jaminan ganti rugi atas resiko kecil ataupun besar yang telah tercatat dalam polis asuransi mobil.

Tidak hanya kerusakan mobil secara fisik yang terjamin dalam asuransi ini, melainkan perlindungan terhadap tanggung jawab pihak ketiga yang nantinya akan menjadikan nasabah atau pemegang polis semakin merasa tenang.

Berbagai kerusakan berat sampai dengan gangguan sepele seperti masalah batre ataupun kunci tertinggal juga akan dilayani selama 24 jam.

Adapun masa pertanggungan yang ditawarkan oleh AXA Mandiri yakni selama 1 tahun dengan usia kendaraan maksimal hingga 10 tahun.

3. BCA Insurance

Produk asuransi mobil all risk yang ditawarkan oleh BCA memberikan ganti rugi terhadap seluruh resiko yang terjadi seperti kecelakaan, pencurian, ataupun resiko kejahatan lainnya. 

Sedangkan jaminan tambahan yang ditawarkan meliputi gangguan akibat bencana alam seperti tanah longsor, banjir, angin topan, hujan es ataupun badai.

Meski jumlah premi yang dibebankan lebih tinggi dibandingkan asuransi TLO, namun fasilitas yang diperoleh sebanding dengan manfaat yang nantinya diperoleh.

Berbagai paket asuransi all risk yang tersedia memiliki premi mulai dari Rp 250.000Rp 1.000.000.

4. Garda Oto

Garda Oto termasuk salah satu produk asuransi mobil terbaik di Indonesia yang dikeluarkan oleh PT. Astra. Fasilitas utama yang ditawarkan dalam asuransi mobil jenis all risk ini tidak jauh berbeda dengan asuransi konvensional pada umumnya.

Namun, mereka memiliki fasilitas tambahan yang menarik yakni home survey, pick up delivery service, bantuan mobil dan derek selama 24 jam, jaminan suku cadang asli, dan perbaikan kendaraan yang bisa dilakukan di seluruh bengkel Garda.

Pembelian dan cara klaim asuransi ini juga sudah bisa dilakukan secara online sehingga prosesnya bisa dilakukan secara cepat dan terintegrasi.

5. Jasindo

Jasindo merupakan salah satu perusahaan asuransi mobil yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tidak kalah menariknya dengan produk asuransi mobil lainnya. 

Produk asuransi mobil yang ditawarkan oleh perusahaan ini bernama OTO plus dengan sistem asuransi all risk yang bisa mengcover kerusakan ringan ataupun berat.

Salah satu keuntungan menarik yang didapatkan dari perusahaan asuransi ini ialah perlindungan yang bisa dijalankan sampai mobil berusia 12 tahun. Periode waktu tersebut termasuk jumlah yang tinggi jika dibandingkan dengan periode asuransi lain.

6. ACA

Asuransi mobil ACA hadir dengan beberapa paket yakni Otomate Smart, Otomate Solitaire, dan asuransi mobil komprehensif atau all risk.

Layanan khusus berupa mobil pengganti selama 5 hari akan diberikan ketika nasabah membeli asuransi all risk dan mengalami kerusakan total.

Selain itu, terdapat pula fitur new for old berupa layanan mobil pengganti ketika mobil yang diasuransikan berusia 6-12 bulan sejak pembelian dicuri atau mengalami kerusakan total.

Selanjutnya mengenai layanan tambahan yang ditawarkan berupa derek, ambulance, dan garansi service. Produk asuransi ini juga tersedia dalam versi syariah yang dijalankan sesuai dengan syariat Islam.

Ke-6 contoh asuransi mobil terbaik di atas bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan ketika suatu saat nanti membutuhkannya.

Mengenai besaran harga premi yang ditetapkan, Anda bisa mencari informasi pastinya melalui laman resmi atau contact person perusahaan penyedia asuransi.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk menghitung simulasi asuransi mobil yang kini banyak tersedia secara online. Adanya fitur simulasi tentunya akan memudahkan Anda dalam mengetahui besaran biaya-biaya dalam asuransi.

Leave a Comment