Asuransi Syariah di Indonesia

Anda ingin ikut jasa asuransi syariah? Simak beberapa asuransi syariah di Indonesia yang perlu Anda ketahui dan pahami berikut ini.


Asuransi syariah di Indonesia kini menjadi salah satu tren yang banyak diminati umat muslim. Disamping sebagai jenis asuransi yang sesuai dengan syariat Islam, asuransi ini juga dinilai lebih aman dibandingkan jenis asuransi lainnya.

Asuransi syariah merupakan jenis asuransi yang mengimplementasikan prinsip-prinsip Islam secara tepat. Jadi, terdapat perbedaan asuransi syariah dan asuransi konvensional.

Asuransi ini dilengkapi dengan kaidah tolong menolong dan perlindungan terhadap nasabahnya menggunakan dana yang telah terkumpul.

Tujuan Didirikannya Asuransi Syariah di Indonesia

Asuransi syariah merupakan salah satu jenis asuransi yang dijalankan dengan menerapkan prinsip-prinsip syariah untuk menghindari riba.

Asuransi syariah bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan berdasarkan misi ibadah, aqidah, iqtishodi, dan keumatan.

Dengan begitu, tujuan utama yang akan dicapai dalam jenis asuransi syariah bukan untuk memperoleh laba sebanyak-banyaknya seperti asuransi konvensional pada umumnya, melainkan atas dasar tolong menolong sesama umat.

Hukum Asuransi Syariah

Asuransi syariah dalam pelaksanaannya berdasarkan atas hukum asuransi yang telah dinyatakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Di dalamnya terdapat prinsip tolong menolong dan sikap saling melindungi antar sesama umat.

Adapun larangan asuransi syariah yang paling utama ialah riba. Selain itu, perusahaan asuransi syariah juga dilarang untuk menginvestasikan dana nasabahnya dalam hal-hal yang tidak sesuai dengan prinsip asuransi syariah.

Beberapa prinsip yang harus dijalankan yakni tolong menolong, saling menanggung, saling menukar. Dengan prinsip tersebut, sesama anggota atau peserta asuransi menjadi keluarga yang bisa saling menjamin dan menanggung resiko.

Rekomendasi Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia

Di bawah ini ialah beberapa rekomendasi jenis asuransi syariah terbaik yang ada di Indonesia beserta kriteria produk yang ditawarkan:

1. Asuransi Manulife Syariah

Sebagai perusahaan asuransi kelas internasional yang memiliki reputasi baik, Manulife juga menyediakan produk asuransi sesuai dengan syariat Islam.

Produk asuransi syariah yang ditawarkan telah mengusung konsep cashless dengan pilihan reimbursement bagi nasabahnya. 

Tidak hanya menawarkan produk asuransi jiwa syariah, melainkan juga beberapa produk asuransi lain seperti:

  • Manulife Berkah Crisis Cover Protection
  • Berkah Yearly Renewable Term
  • Berkah Payor Income Replacement
  • Berkah Waiver of Basic Contribution
  • Berkah Accidental Death and Disability Benefit

2. BNI Life Syariah

PT. Bank BNI juga memiliki produk asuransi syariah yang bebas dari riba. Produk asuransi syariah yang dikeluarkan oleh Bank BNI meliputi asuransi individu dalam bidang pendidikan investasi ataupun multi investa.

Selain itu, untuk asuransi kelompok bisnis terdiri dari asuransi jiwa syariah dan asuransi kesehatan syariah atau kerap disebut sebagai health plan syariah. Salah satu produk investasi unggulan yang ditawarkan oleh Bank BNI ialah Ahsan Medicare. 

Produk tersebut menjadi layanan investasi yang banyak dibutuhkan masyarakat belakangan ini. Hal tersebut dikarenakan tanggungan premi yang harus dibayarkan cukup terjangkau yakni Rp300.000 per bulan.

Adapun beberapa keunggulan yang dimiliki oleh asuransi BNI Life Ahsan Medicare ialah:

  • Adanya santunan meninggal dunia dalam satu polis asuransi sekaligus.
  • Terdapat penawaran loyalty bonus ketika nasabah masih hidup sampai kontrak polis asuransi berakhir.

3. Asuransi Syariah BRI Life

BRI-Life Link Proteksi merupakan produk asuransi kesehatan syariah yang didirikan oleh Bank BRI. Asuransi ini kerap disebut sebagai asuransi unggulan karena di dalamnya terdapat pertanggungan penyakit kritis sekaligus.

Adapun jumlah penyakit kritis yang menjadi pertanggungan yakni sebanyak 49 penyakit. Selain itu, setiap nasabah juga berkesempatan untuk memilih hospital cash plan selama menjalankan rawat inap di rumah sakit.

4. Asuransi Prudential Syariah

Pruprime Healthcare Plus Syariah merupakan produk asuransi kesehatan syariah yang dikeluarkan oleh Prudential. Beberapa fasilitas yang tersedia dalam produk ini dapat dipilih sendiri sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Selain itu, waktu pertanggungan yang ditawarkan juga tergolong fleksibel atau bisa dipilih sendiri dengan batas maksimal hingga 99 tahun.

5. Asuransi Kesehatan Allianz

Allianz menawarkan salah satu produk khusus kesehatan syariah yang bernama Allisya Care. Produk asuransi ini bersifat stand alone atau bisa berdiri sendiri tanpa harus membeli produk asuransi lain untuk menggunakannya.

Produk asuransi syariah Allianz ini juga bisa dijalankan dengan layanan plan, baik untuk individu ataupun keluarga.

6. Asuransi Kesehatan AXA Mandiri Syariah

AXA Mandiri Syariah merupakan produk asuransi berbasis syariah yang dimiliki oleh PT. AXA Mandiri. 

Produk asuransi ini membantu setiap nasabahnya untuk merencanakan keuangan sesuai dengan prinsip syariah yang telah diawasi oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Adapun beberapa keunggulan yang ditawarkan ialah:

  • Adanya polis perlindungan jiwa yang dilengkapi dengan fitur wakaf bagi nasabah yang ingin mengamalkan sebagian uang pertanggungan yang dimiliki.
  • Polis asuransi jiwa dan pendidikan bisa mendatangkan bonus sejak tahun ke-7 sampai usia tertanggung memasuki 100 tahun.

Informasi di atas merupakan contoh asuransi yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan. Perlu Anda pahami bahwa jumlah perusahaan asuransi syariah di Indonesia 2020 – 2022 terus mengalami peningkatan. 

Demikianlah 6 contoh perusahaan asuransi syariah di Indonesia beserta karakteristik produk-produknya.

Leave a Comment